mengenal apa itu average down saham dan cara menghitungnya

Mengenal Apa itu Average Down Saham dan Cara Menghitungnya

iYeay.com – Dalam saham ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk dapat memaksimalkan keuntungan investasi. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah strategi averaging. Strategi ini adalah strategi pembelian secara bertahap baik pada saat harga saham sedang turun maupun sedang naik.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai average down. Apa sih itu average dalam saham? yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian Average Down (Avg)

Average down merupakan strategi investasi dimana investor ataupun trader membuat keputusan membeli saham tambahan dari saham yang telah dimiliki setelah harga turun. Hasil dari pembelian yang dilakukan akan mendapatkan harga rata-rata. Strategi ini diterapkan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan maksimal dengan biaya yang minimal.

Rumus, Contoh dan Cara Menghitung Average Down Saham

Dalam menghitung average down, ada rumus yang bisa Anda gunakan:

Average down = ((harga1 x lot1)+(harga2 x lot2)+ (harga3 x lot3)+…. (harga N x lot N)) : Total lot

Contoh:

Perusahaan ABC memiliki saham dengan harga per lembar:

  • Harga 1= 450
  • Harga 2=400

D merupakan seorang investor yang percaya bahwa permintaan saham perusahaan ABC akan naik sehingga dia membeli perusahaan tersebut walaupun terjadi penurunan terhadap harga saham. Untuk mengatasinya D melakukan strategi average down sebagai berikut:

  • Lot 1: 100 lembar
  • Lot 2: 200 lembar

Maka dari itu, nilai average down yang diterapkan oleh D adalah:

Average down =  ((450 x 100) + (400 x 200)): 100 + 200 

= (45.000+80.000) : 300

= 123.000 : 300

= 410

Setelah dilakukan perhitungan, rata-rata yang harus dikeluarkan untuk membeli 1 lembar saham adalah 410 rupiah. Harga ini lebih murah dibandingkan harga saat pertama kali membelinya.

Saat akan melakukan strategi AVG saham, investor hanya akan melakukan pembelian hanya saat harga terus turun. Pada strategi ini, investor tidak mengharapkan harga naik, apabila harga naik, mereka tidak akan membelinya. 

Keuntungan Average Down Saham

Pada saat melakukan strategi averaging down, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para investor:

Peluang memperoleh keuntungan

Manfaat utama dari strategi average down saham adalah mendapatkan keuntungan yang cukup besar setelah pembelian saham.

Mampu membedakan saham

Jika kamu menggunakan strategi Average down saham, kamu harus memiliki kemampuan membedakan saham mana yang mengalami penurunan dalam jangka pendek dan saham mana yang sedang berganti trend dari trend naik ke trend turun secara terus menerus.

Kekurangan Average Down Saham

Sebagai seorang investor, Anda harus tahu bahwa setiap transaksi pasti akan ada risiko utama yang mungkin terjadi. Pada strategi avg, risiko utama yang bisa terjadi adalah turunnya harga saham secara terus menerus yang menyebabkan investor kehilangan uang atas investasi tersebut.

Maka dari itu, Anda harus dapat memilih perusahaan yang tepat agar mendapatkan keuntungan dan apabila harga sahamnya menurun, Anda harus yakin bahwa perusahaan yang Anda beli sahamnya dapat kembali bangkit.

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu avg dalam saham dan cara menghitungnya. Buat kalian yang ingin memahami istilah dan strategi dalam saham, yuk kunjungi artikel kami lainnya!.