Apa itu Golden Cross Saham dan Cara Mengidentifikasinya

Apa itu Golden Cross Saham dan Cara Mengidentifikasinya!

Kategori: Saham, Trading

iYeay.com – Ada beberapa istilah dan teknik yang perlu Anda pahami dalam dunia trading. Kenapa perlu dipahami? karena istilah-istilah ini dapat membantu kalian dalam menganalisis pergerakan harga saham. Salah satu istilah yang perlu Anda ketahui adalah golden cross. Bagi seorang trader, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi. Golden cross dapat membantu trader pada saat menganalisis pasar modal seperti forex, saham, dsb.

Buat kalian yang penasaran mengenai apa itu golden cross dalam saham, yuk simak penjelasan berikut!

Apa itu Golden Cross?

Golden Cross merupakan pola grafik dalam pergerakan saham ketika mengalami moving average. Sebagai pelaku saham, pergerakan saham sangatlah perlu diperhatikan agar mempermudah trader maupun investor saat menjual maupun membeli saham. Pola grafik tersebut terbentuk dari persilangan, dimana indikator menunjukan moving average periode rendah bergerak ke atas moving average periode lebih tinggi.

Apa sih moving average itu? Moving average merupakan indikator yang mengarah pada price action sebelumnya. Tujuannya agar trader maupun investor mengetahui pergerakan harga pada jangka waktu tertentu dengan batasan support-resistance suatu aset.

Dalam hal ini, Anda harus ingat bahwa moving average hanya sebuah indikator dasar yang tidak memiliki kekuatan prediksi yang mirip dengan indikator lainnya.

Cara Mengidentifikasi Golden Cross

Setelah Anda mengetahui apa itu Golden Cross, Anda juga perlu mengetahui cara mengidentifikasi Golden Cross. Terdapat tiga tahap yang perlu Anda ketahui:

  • Saat tren mengalami penurunan, MA jangka pendek berada posisi di bawah MA jangka panjang.
  • Pada tahap ini tren berbalik dan MA jangka pendek tengah memotong di atas MA jangka panjang.
  • Saat MA jangka pendek tetap yang berada di atas MA jangka panjang, tren harga saham terus bergerak naik ke level yang lebih tinggi.

Rentang Waktu Moving Average Terbaik pada Pola Golden Cross

Pada saat menentukan rentang waktu moving average, biasanya kebanyakan trader maupun investor menggunakan pola Golden Cross, yaitu selama 200 hari dan 50 hari atau MA 200 dan MA 50. Namun bagi trader yang berinvestasi dalam jangka waktu pendek, maka rentang waktu yang akan dipilih adalah 5 dan juga 15 hari atau MA 5 dan MA 15.

Walaupun pada saat ini Anda sudah mulai memahami pola Golden Cross sebagai dasar dalam menentukan strategi investasi, Anda harus ingat bahwa pola ini hanya sebagai pilihan indikator yang digunakan saat melakukan trading maupun investasi,

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu golden cross dalam saham dan cara mengidentifikasinya!. Sebelum melakukan investasi di Saham, ada baiknya Anda melakukan analisis terlebih dahulu agar mengurangi risiko yang bisa ditimbulkan. Sebagai seorang yang terjun ke dunia saham, kalian perlu mengenal istilah-istilah yang biasanya digunakan. Buat kalian yang pengen tau istilah-istilah dalam saham, kalian bisa mengunjungi artikel kami lainnya.