Mengenal Istilah Apa itu HaKa atau Hajar Kanan Saham

Apa itu Haka Saham dan Tips Menerapkannya! Para Pemula Wajib Tahu!

Kategori: Saham, Trading

iYeay.com – Pernahkah Anda mendengar orang-orang membicarakan HaKa atau Hajar Kanan?

Apakah Anda sering merasa kebingungan dan bertanya-tanya apa itu HaKa Saham?

Sebagai seorang investor maupun trader pemula dalam dunia saham, wajar jika kamu masih belum mengenal istilah-istilah pada saham. Sebelum kita membahas haka saham, perlu Anda ketahui dalam transaksi saham terdapat dua bagian kolom, yaitu bid yang ada di sebelah kiri dan offer yang ada di sebelah kanan.

Pelajari Juga:
Kenali Apa itu Volume Saham dan Indikatornya

Buat kalian yang  mau tahu penjelasan selengkapnya, yuk baca penjelasan di bawah ini.

Mengenal Istilah Apa itu HaKa (Hajar Kanan) Saham

Secara singkat, HaKa merupakan singkatan dari Hajar Kanan. Istilah ini bakal sering Anda temui dalam dunia saham. Istilah ini biasanya digunakan secara bergantian dengan istilah HaKi yang merupakan kependekan dari Hajar Kiri.

HaKa Saham merupakan strategi yang dilakukan dengan memasang bid yang sesuai dengan harga yang terdapat di offer tertinggi saat membeli saham agar bisa langsung membeli saham tanpa harus mengantre. Mengapa tidak perlu mengantre? karena orang yang offer di harga pasar menyebabkan proses transaksi dapat diselesaikan dengan cepat.

Misalnya, saham yang kalian inginkan ada di level Rp.450. Sebagai seorang investor yang mengincar saham ini akan langsung haka di harga Rp 452, Rp454, dan seterusnya agar bisa membeli saham tersebut tanpa harus menunggu. Alasan mengapa mereka lebih memilih HaKa, karena belum tentu bisa membeli harga yang lebih rendah.

Postingan Terkait:
Kenali Apa itu Stop Loss dalam Saham dan Kapan Harus Stop Loss

Tips Menerapkan Strategi HaKa Saham

Dalam penerapannya, strategi hajar kanan (haka) dapat dilakukan apabila seorang trader sudah yakin dengan pergerakan harga saham. Hal ini dikarenakan haka ditujukan untuk membeli saham, jadi para investor harus lebih cermat dalam melihat harga saham yang tidak akan turun lagi. Dapat diartikan bahwa saham terindikasi naik.

Jika kalian melakukan haka sebelum tren semakin naik, maka harga tersebut menjadi harga terbaik yang dapat ditransaksikan di saat itu. Apabila seorang trader tidak membeli di harga tersebut, harga saham akan terus naik, hal ini menyebabkan trader tidak dapat membeli saham di harga murah.

Baca Juga:
Apa itu Buyback Saham dan Dampaknya Bagi Investor

Buat Anda yang ingin menerapkan Strategi HaKa, kamu bisa mengikuti beberapa tips sebagai berikut:

  • Yakin dengan strategi yang kamu miliki
    Pada saat Anda telah yakin menerapkan strategi Haka, maka Anda harus benar-benar yakin bahwa saham tersebut akan terus naik ataupun saham tersebut tidak akan turun dalam waktu dekat.
  • Pertimbangkan melakukan Haka pada saat terjadi penurunan terus menerus
    Jika terjadi penurunan secara terus menerus hingga harga saham dapat dikatakan murah dibanding harga sebenarnya dan terdapat indikator saham akan terjadi pembalikan arah tren. Maka Anda bisa mempertimbangkan melakukan Haka.
  • Pertimbangkan melakukan Haka pada saat pasar berada dalam fase bullish
    Jika saham mulai bergerak naik, maka Anda masih bisa untuk mempertimbangkan haka terhadap saham yang dianggap potensial.

Terlepas dari semua itu, Anda harus mempertimbangkan psikologi diri Anda sebagai seorang pelaku pasar. Jika kamu belum yakin kepada saham tersebut, ada baiknya kamu menunggu untuk tidak membeli saham tersebut.