Mengenal Apa itu Lot Saham

Mengenal Apa itu Lot Saham

Kategori: Pasar Modal, Saham

iYeay.com – Kalian yang sudah terjun di dunia investasi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saham. Apa lagi banyak orang dari berbagai kalangan sudah mulai berinvestasi saham dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Namun masih ada beberapa orang yang belum mengenal apa itu lot saham. Sebelum kita membahas apa itu lot saham, ada baiknya Anda memahami apa itu saham.

Apa itu Saham?

Saham merupakan aset dari suatu perusahaan yang dimiliki seseorang yang diperoleh dari proses jual beli. Dengan memiliki saham, menunjukan bahwa Anda mempunyai kepemilikan dari suatu perusahaan.

Jika kalian ingin membeli saham, kalian pasti akan menemukan istilah lot saham. Anda dapat menentukan berapa lot saham yang ingin Anda beli sesuai dengan modal yang Anda miliki. Semakin besar modal yang Anda miliki, maka akan semakin banyak lot saham yang bisa Anda beli. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda masih bisa membeli saham dengan harga yang murah menyesuaikan harga saham dari suatu perusahaan.

Apa itu Lot Saham (Round Lot)

secara umum, lot merupakan satuan yang digunakan dalam proses perdagangan saham di pasar modal. Lot menunjukan berapa banyak limit instrumen keuangan yang diperjualbelikan. Penggunaan lot saham dengan tujuan agar dapat menghitung keuntungan dan kerugian di masa mendatang.

Penurunan Lembaran Saham

Per 6 Januari 2014, berdasarkan ketetapan dan ketentuan BEI (Bursa Efek Indonesia), 1 lot saham terdiri dari 100 lembar saham. Jumlah lembar saham ini jauh lebih rendah dari peraturan sebelumnya, dimana 1 lot saham terdiri dari 500 lembar saham.

Adapun tujuan penurunan lembaran saham ini agar perdagangan saham dapat menarik investor baru untuk berpartisipasi di dunia pasar modal. Ada banyak masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi saham, namun terkendala dengan modal. Saat ini hanya dengan 100,000 saja, Anda sudah bisa membeli lebih dari 1 lot saham dari perusahaan perseroan. Bayangkan jika saat ini 1 lot masih 500 lembar, akan lebih sedikit lot saham yang bisa dibeli.

Contoh Pembelian Lot Saham

Contohnya, seorang investor ingin membeli saham perusahaan yang dijual dengan harga Rp 1000 per lembar sahamnya. Jika 1 lot 500 lembar saham, berarti harga 1 lot saham adalah Rp 500.000. Jika 1 lot 100 lembar saham, maka harga 1 lot saham adalah Rp 100.000. Dengan modal Rp 500.000, Anda sudah bisa membeli 5 lot saham.

Nah bagaimana teman-teman? setelah mengetahui apa itu lot saham, apakah Anda semakin tertarik untuk memulai investasi?. Anda bisa mulai membeli lot saham dari perusahaan yang kalian inginkan sedikit dari sedikit. Setiap perusahaan memiliki harga yang berbeda-beda per lot saham, maka dari itu kalian harus melakukan analisis terlebih dahulu mengenai saham yang ingin dibeli, agar dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan.