Mengenal apa itu Non-fungible Token (NFT) Art

Apa itu NFT Art? Ini Penjelasan dan Cara Membuatnya

iYeay.com – NFT Art mulai ramai dibicarakan semenjak fenomena Ghozali Everyday yang mampu mengumpulkan keuntungan hingga milyaran rupiah. Teknologi Non-fungible Token (NFT) membawa angin segar bagi para seniman serta kolektor seni.

Melalui teknologi tersebut banyak karya seni digital yang kemudian diperjual belikan menggunakan token cryptocurrency. Pembayaran secara online langsung menggunakan dompet kripto. Sehingga lebih aman, praktis, dan super cepat prosesnya.

Satu karya seni bisa dihargai jutaan hingga triliunan rupiah. Salah satu contohnya adalah Forever Rose karya Kevin Abosch di tahun 2018 yang dihargai 1 juta USD atau sekitar Rp 14 Triliun. Menariknya tidak ada batasan penilaian terhadap seni, Anda bisa juga membuatnya sendiri.

Definisi Non-fungible Token (NFT) Art

NFT Art atau Crypto Art merupakan karya seni digital yang diterbitkan dalam bentuk token cryptocurrency. Dapat diakses serta diperjualbelikan melalui blockchain, mirip seperti aset kripto. Jadi lebih menguntungkan karena proses transaksi jual belinya sangat sederhana sekali. Bahkan untuk seorang pemula itu pun pasti bisa melakukannya.

Namun, apa itu NFT Art tidak memiliki nilai tukar, sehingga hanya dapat dimiliki oleh satu pengguna saja. Popularitasnya dimulai dari fenomena CEO Twitter, Jack Dorsey, yang menjual tweet pertamanya dalam bentuk token seharga hampir Rp36 miliar.

NFT Art dijual melalui proses lelang di berbagai platform lelang online. Meski begitu seniman yang sudah menjual karyanya tetap memiliki hak cipta bahkan setelah karya tersebut berganti kepemilikan.

Token kripto ini tidak selalu berbentuk lukisan seperti identik dengan karya seni saat ini. Bisa juga berupa foto, video, hasil tangkapan layar, hingga aset pada sebuah game. Semua tergantung pada pembuat dan penjualnya.

Cara Membuat NFT Art

Teknologi digital membuat keperluan manusia jadi lebih mudah, bahkan dalam mempopulerkan sebuah karya.

Tertarik membuat dan menjual karya digital? Perhatikan dulu beberapa hal berikut ini supaya bisa membuat NFT Art dengan mudah!

Pilih Blockchain

Pertama tentukan dulu blockchain yang akan mengeluarkan NFT. Anda bisa menggunakan Flow by Dapper Labs, Tron, EOS, Polkadot, Tezos, Cosmos, WAX. Dan perlu diingat bahwa setiap blockchain memiliki standar token terpisah, crypto wallet kompatibel, serta memiliki marketplace tersendiri.

Hal yang sama juga berlaku pada blockchain yang lainnya. Itulah kenapa perlu mengenal masing-masing mata uang yang ada saat ini. Tujuannya adalah supaya Anda bisa lebih mudah memahami mata uang kripto manakah yang paling cocok untuk Anda dan menguntungkan untuk dipilih saat ini.

Pilih Platform

Langkah kedua adalah memilih platform apa itu NFT Art untuk menghubungkan wallet kemudian mengunggah karya yang nantinya diubah menjadi NFT. Platform yang bisa digunakan diantaranya OpenSea, Rarible dan Mintable. Sebaiknya sebelum menggunakan salah satu platform tersebut, kenali masing-masing platform dengan baik.

Mulai dari kelebihan hingga kekurangannya terlebih dahulu. Sehingga Ketika Anda sudah paham seperti apakah platform yang siap membantu Anda untuk mengubah NFT, maka Anda bisa menggunakannya untuk menghubungkan dompet digital ke dalam NFT tersebut dengan bantuan platform yang sudah dipilih sebelumnya.

Siapkan Karya

Buat dompet digital misalnya OpenSea, pilih ikon profil di kanan atas, lalu klik My Profile. Klik Sign In dan ikuti instruksinya. Klik Create, pilih My Collections. Scroll ke bawah pada halaman yang sama Pilih Create New Collections, pilih Create.

Masukkan detail koleksi NFT. Klik Add New Item, unggah metadata seperti gambar, video, dan audio, lalu beri nama. Klik Create dan bubuhkan tanda tangan di wallet untuk mengonfirmasi pembuatan aset.

Anda harus membayar biaya penerbitan atau biaya minting menggunakan Ethereum supaya karya bisa terbit dan menjualnya. Setelah mengetahui apa itu NFT Artkini saatnya Anda berkarya dan menghasilkan uang.

Dengan memahami beberapa hal di atas, tentunya ini cukup membantu Anda untuk mengenal lebih jauh seputar apa itu NFT Art. Jadi Anda bisa mengetahui bagaimana menggunakan hal tersebut dengan baik Ketika akan melakukan investasi mata uang digital secara online dengan pilihan platform yang ada saat ini.