Mengenal Aturan Remain Trade Limit

Apa itu Remain Trade Limit (RTL) dan Aturannya yang Harus Kamu Ketahui!

Kategori: Saham, Trading

iYeay.com – Sebagai seorang investor ataupun trader pasti sudah pernah mendengar istilah remain trade limit. Salah satu hal yang menjadi kunci kesuksesan dalam trading saham adalah konsistensi. Walaupun sudah mendekati tanggal tua, aktivitas trading masih tetap bisa dilakukan loh!. Gimana sih caranya agar bisa tetap trading saat tanggal tua? Kalian bisa menggunakan fasilitas remain trade limit loh. 

Buat kalian yang penasaran tentang apa itu remain trade limit, simak penjelasan berikut yuk!.

Apa itu Remain Trade Limit

Remain trade limit merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang melebihi dari dana yang dimiliki dengan cara meminjam dari pemberi modal. Dengan adanya fasilitas ini pastinya sangat membantu para trader maupun investor yang kekurangan dana agar tidak melewatkan kesempatan bagus untuk melakukan trading.

Gimana? keren bukan? Anda masih bisa bertransaksi walaupun dana yang kamu miliki itu terbatas. Namun Anda juga harus tahu bahwa fasilitas ini juga punya ketentuannya. Setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda.

Aturan dalam Trading Limit

Sebelum menggunakan fasilitas dari trading limit, ada baiknya Anda mengetahui cara kerja dari trading limit agar kalian tidak kesulitan dikemudian hari.

Berdasarkan most.co.id, batas maksimal yang diberikan dari limit trading adalah 3x net cash + 2 x nilai portofolio setelah haircut. Jadi kalian harus bisa memaksimalkan fasilitas yang telah diberikan ini. 

Jika kamu memiliki dana sebesar Rp 20 juta dalam account aplikasi MOST, maka trading limit yang akan kamu dapatkan sebesar Rp 60 juta. Apabila kamu ingin membeli saham sebesar Rp 30 juta, tetapi dana yang kamu punya tidak cukup. Dengan trading limit kamu bisa melakukan pembelian. Kamu bisa meminjam Rp 10 juta dari fasilitas trading limit.

Buat kalian yang telah menggunakan trading limit wajib menyelesaikan transaksi dalam waktu T+2. Adapun sanksi yang diberikan apabila pembayaran lewat jatuh tempo, maka akan dikenakan penalti sebesar 0,1% perhari. 

Peraturan MOST (Mandiri Online Sekuritas Trading) bisa saja berbeda dengan perusahaan sekuritas lainnya. Ada perusahaan sekuritas yang jatuh tempo trading limitnya 6 hari (T+6) dihitung setelah pembelian saham. Jika lewat dari jatuh tempo, maka akan dijual paksa (force sell).

Ada hal yang harus kalian ketahui sebelum menggunakan fasilitas trading limit. Anda akan dikenakan bunga per harinya. Bunga ini memiliki besaran yang berbeda di setiap perusahaan sekuritas.

Nah itu dia sekilas tentang trading limit. Buat kalian yang ingin menggunakan fasilitas ini, kalian harus tetap memperhatikan regulasi dari perusahaan sekuritas yang kalian gunakan ya. Jangan sampai fasilitas ini membuat kalian terbebani karena setiap transaksi pasti akan ada risikonya baik yang menguntungkan maupun sebaliknya.

Buat kalian yang tertarik dengan trading dan juga investasi, kalian bisa kunjungi artikel-artikel kami lainnya. Semoga bermanfaat.