Mengenal Apa itu Right Issue Saham

Mengenal Apa itu Right Issue Saham

iYeay.com – Dalam dunia investasi saham tentunya ada banyak istilah-istilah yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah right issue saham. Walaupun istilah ini sudah tidak asing lagi didengar di telinga, tetapi masih ada saja investor yang masih belum mengenal istilah ini.

Buat kalian yang mau tahu tentang apa itu right issue saham, simak artikel di bawah ini.

Pengertian Right Issue Saham

Right issue sering dikenal dengan sebutan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Dikutip dari Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal Nomor 26 tahun 2003, right issue merupakan hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham membeli efek baru, termasuk saham sebelum ditawarkan kepada pihak lain.

Umumnya perusahaan melakukan right issue dengan tujuan menambah modal kerja, ekspansi bisnis, hingga membayar utang, Selain itu, perusahaan juga melakukan right issue sebagai dukungan dari rencana aksi korporasi atau menambah modal kerja. 

Umumnya, pemberian right issue didasari pada rasio. Misalnya rasio 1:2, dimana setiap pemegang yang memiliki satu lembar saham diberikan hak terlebih dahulu untuk membeli dua lembar saham.

Ilustrasi Pemberian Right Issue

Berikut adalah ilustrasi pemberian right issue berdasarkan rasio:

Seorang investor memiliki 10.000 lembar saham pada PT CBA. Pada saat itu perusahaan melakukan right issue dengan rasio 1:2. Kali ini pemegang saham diberi kesempatan membeli saham sebanyak dua kali dari jumlah saham yang dimilikinya, yaitu 20.000 lembar saham.

Manfaat Right Issue

Pada saat perusahaan memerlukan pendanaan baru, perusahaan dapat menerbitkan saham baru untuk dijual dan juga dibeli oleh investor saham. Berikut adalah manfaat dari right issue:

  • Bagi perusahaan
    Pada perusahaan right issue memiliki peran sebagai tambahan dana dalam mendukung pertumbuhan perusahaan.
  • Bagi Investor
    Adapun manfaat bagi para pemegang saham adalah sebagai sarana investasi dalam membeli saham lebih dahulu atau lebih diprioritaskan untuk membeli saham baru terlebih dahulu dibandingkan yang lain.

Kerugian Right Issue

Apakah ada konsekuensi yang didapatkan apabila tidak membeli saham right issue? pastinya akan ada konsekuensi apabila pemegang saham lama tidak membeli saham right issue yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, dimana persentase saham yang dimiliki oleh para investor akan mengalami pengurangan.

Salah satu tujuan awal perusahaan mengeluarkan right issue adalah untuk mendapatkan modal tambahan. Jika para pemegang saham lama tidak mengambil kesempatan ini, maka para investor akan melewatkan kesempatan menambah saham baru dengan kemungkinan harga yang lebih rendah dari yang ada di pasar saham.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu right issue dalam saham. Semoga setelah membaca artikel ini kalian jadi lebih yakin dengan keputusan kalian saat membeli saham. Dapatkan informasi mengenai istilah-istilah dalam saham di artikel kami lainnya.