Apa itu stock split saham

Mengenal Istilah dari Apa Itu Stock Split Saham dan Kelebihannya Lebih Jauh

iYeay.com – Ada salah satu istilah penting dalam dunia saham yakni stock split. Hal ini berarti bahwa aksi korporasi dalam memecah nominal harga sesuai dengan rasio tertentu yang sudah mereka tentukan. Dengan adanya stock split ini, harga saham per lembarnya akan semakin murah dan juga akan semakin terlihat aktif di pasar saham.

Sebagai contoh, Bank BCA (BBCA) akan melakukan stock split yakni dengan memecah nilai nominal saham menjadi 1:5. Dengan demikian, stock split ini akan membuat total saham BCA yang membesar dari Rp. 24,65 Miliar menjadi Rp. 123,27 Miliar. Dengan adanya ini, maka emiten sahamnya juga berubah dari Rp. 62.500 menjadi Rp. 12.500 per lot saham.

Pengertian Istilah Stock Split Saham

Dalam stock split, ada juga salah satu istilah yang dinamakan dengan Reverse Stock split. Tujuan dari adanya reverse stock split ini adalah untuk menyelamatkan perusahaan emiten agar tetap bisa memenuhi semua unsur persyaratan dalam status listing di pasar modal saham.

PT Smartfren Telecom Tbk pernah melakukan reverse stock split ini pada tahun 2012 yang lalu. FREN telah melakukan reverse stock split hingga rasionya berada dalam 20:1. Dengan adanya reverse stock split ini, harga saham yang awalnya Rp. 100 per lot akan naik menjadi Rp. 2000 per lot pada tanggal tersebut.

Pengaruh Stock Split dengan Harga Saham

Pada dasarnya dasar penerapan dari stock split itu dilihat dari pembagian saham memakai perbandingan rasio tertentu. Tujuan dari penerapan tersebut adalah untuk membuat peningkatan dari total saham yang sedang beredar di masyarakat setempat.

Pasalnya bila Anda memahami apa itu stock split saham dengan baik, maka akan menyadari bila kegiatan tersebut membuat nominal saham bisa turun saat terjadi peningkatan dari jumlah lembaran saham yang beredar.

Itulah kenapa perusahaan yang menggunakan sistem manajemen yang baik pasti menggunakan cara stock split saham yang harganya lebih tinggi. Namun umumnya nilai yang terlalu tinggi tersebut bisa menyebabkan terjadinya penurunan likuiditas pada setiap lembaran saham yang ada.

Kelebihan dari Stock Split Saham

Setiap perusahaan yang sudah Go Public akan menerbitkan saham yang nantinya akan dijual kepada masyarakat. Setelah mengetahui apa itu stock split saham, kini saatnya bagi anda untuk ikut melihat apakah dengan melakukan stock split ini akan mendapatkan keuntungan atau tidak

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ilustrasi kejadian di atas, bisa diberikan kesimpulan bahwa stock split bisa memberikan berbagai macam keuntungan baik itu kepada emiten dan juga kepada para investor. 

Keuntungan Stock Split Saham Bagi Investor

Bagi investor, keuntungannya adalah harga saham yang akan terjangkau dan juga investor bisa memiliki saham dalam porsi yang lebih banyak lagi. Jadi setelah memahami seperti apa itu stock split saham, maka sudah seharusnya saat menjadi investor, maka Anda harus menyadari bila terjadinya stock split bisa membuat Anda membeli saham yang banyak jumlahnya.

Otomatis dengan adanya pergerakan nilai saham yang sangat cepat itu bisa memberikan keuntungan yang lebih besar untuk Anda. Hal tersebut bisa saja terjadi bila kegiatannya diatur/ dikelola oleh orang yang sudah profesional.

Jadi bisa disimpulkan bahwa selain bisa membuat minat investor meningkat, manfaat dari kegiatan stock split adalah membuat peluang semakin terbuka lebar bagi pemegang saham supaya melakukan diversifikasi investasi saham tertentu.

Keuntungan Stock Split Saham Bagi Emiten

Kemudian keuntungan bagi emiten adalah saham tersebut akan menjadi lebih aktif dengan frekuensi yang dilakukan oleh pelaku pasar saham akan menjadi meningkat,  hampir semua pelaku pasar menyukai jenis saham likuid yang mudah untuk dilakukan proses transaksi yang dilakukan oleh para investor saham tersebut.

Jadi keuntungan perusahaan yang memahami apa itu stock split saham dan menerapkannya dengan baik adalah membuat likuiditas sahamnya berjalan lebih cepat. Jadi saham tersebut menjadi lebih mudah diperjualbelikan karena bisa dijangkau pula oleh investor ritel dengan baik.  Disamping itu, kapitalisasi pasar emiten bisa lebih stabil dan tidak mengalami perubahan bila hal tersebut dijalankan dengan benar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu stock split saham yang bisa anda ketahui informasinya. Sekedar informasi, bisnis saham adalah salah satu bisnis yang memiliki resiko tinggi. Pastikan sebelum anda memulai menjadi investor harus mengetahui terlebih dahulu mengenal dunia pasar modal. Jangan sampai anda terjun ke pasar modal, namun tanpa ada pengetahuan dan juga ilmu mengenal dunia saham ini.