Apa itu Swing Trader Saham, Indikator, Taktik, dan Cara mengatasi risikonya!

Apa itu Swing Trader Saham, Indikator, Taktik, dan Cara mengatasi risikonya!

iYeay.com – Apakah Anda pernah mendengar istilah swing trading?

Dalam dunia saham, ada banyak istilah yang digunakan oleh para investor dan juga trader. Namun masih banyak orang yang masih belum mengenal istilah-istilah dalam saham, Apalagi jika Anda adalah seorang trader pemula, pasti akan kebingungan dengan istilah swing trader.

Biar tidak kebingungan lagi, yuk simak penjelasan mengenai apa itu swing trader dan penjelasan lainnya di artikel berikut ini.

Apa itu Swing Trader?

Swing trader sering kali dikenal sebagai strategi yang digunakan oleh para trader dalam proses pengambilan keputusan saat jual maupun beli. Strategi ini umumnya digunakan oleh para trader maupun investor profesional yang terbiasa menggunakan penanaman modal dengan risiko tinggi.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk memperoleh capital gain yang sebesar-besarnya dalam waktu singkat. 

Indikator untuk Swing Trading

Agar pergerakan saham dapat menghasilkan keuntungan besar, maka seorang trader harus memiliki panduan utama atau indikator saat swing trading. Terdapat 3 indikator yang biasanya digunakan sebagai pendukung aktivitas perdagangan, yaitu:

Moving Average

Moving average merupakan indikator yang memiliki fokus pada nilai rata-rata saham. Rata-rata saham yang dimaksud adalah analisis harga saham dari beberapa hari sebelumnya sehingga dapat menemukan hasil akhirnya.

Rata-rata hasil akhir ini menunjukan tren harga saham tertentu. Penggunaan indikator ini menjadi support dan juga resisten bagi harga saham. Dalam indikator ini, standar yang sering digunakan adalah MA20, MA50, MA100, serta MA200. Pada saat MA berhasil menembus harga saham, itu berarti saham tersebut memiliki potensi untuk naik.

Moving Convergence Divergence

Indikator Moving Convergence Divergence adalah versi baru dari strategi moving average. Dengan adanya Moving Convergence Divergence memperbolehkan adanya deteksi kecenderungan tren berbalik arah. 

Strategi ini memiliki fungsi dalam mengkonfirmasi tren dan juga dapat membantu para trader agar bersiap pada saat keadaan berubah.

Price Action and Volume

Indikator ini membantu trader dalam memperlihatkan persentase kenaikan harga tertinggi dalam saham. Sebenarnya seluruh indikator di atas menggunakan indikator price action and volume sebagai dasar dari analisis. Dengan adanya indikator ini, dapat membawa keuntungan yang besar tanpa adanya alat tambahan.

Strategi Mengatasi Risiko Swing Trader Saham

Dalam trading, Anda juga perlu mengetahui strategi dalam mengatasi risiko krugian. Yuk simak penjelasannya!

Stop Loss

Stop loss merupakan strategi dari aksi penjualan saham pada saat nilainya turun. Fungsi stop loss adalah untuk membantu dalam mengurangi potensi kerugian yang disebabkan oleh harga saham yang terus berkurang.

No Average Loss

Strategi membantu trader untuk menghindari pembelian saham baru demi meningkatkan keuntungan pada saat harga sedang turun. Strategi ini perlu dipahami oleh para trader karena memungkinkan jika kerugian yang dialami akan semakin besar.

Hold

Dalam waktu tertentu, para trader saham harus menahan saham yang dimilikinya dalam jangka waktu tertentu. Maksud dari menahan saham adalah trader tidak melakukan aktivitas jual beli sementara waktu di pasar saham. Hal ini memiliki tujuan agar di akhir masa hold, keuntungan dapat dinikmati oleh para trader saham.

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu Swing Trader Saham, Taktik, dan Cara mengatasi risikonya!. Buat kalian yang ingin mempelajari istilah dalam saham, cara investasi, hingga rekomendasi saham, kalian bisa mengunjungi artikel kami lainnya.