Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Bagaimana Cara Investasi Saham Untuk Pemula? Ini Pembahasannya

iYeay.com – Investasi menjadi salah satu langkah untuk meraih masa depan yang lebih baik. Ada beberapa jenis investasi yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah investasi saham. Khusus untuk pemula, investasi saham merupakan pilihan yang tepat.

Bila Anda orang yang tergolong sibuk, berinvestasi saham bisa menjadi alternatif untuk memulai bisnis investasi. Banyak keunggulan yang dimiliki dari investasi saham, seperti harganya yang tergolong murah, mudah dipelajari, dan tak kalah penting adalah profitnya yang tinggi.

Persiapan Sebelum Berinvestasi Saham

Sebelum berinvestasi saham ada baiknya Anda mempersiapkan hal berikut ini, terutama jika Anda yang masih sangat pemula.

Menetapkan Tujuan

Saat berinvestasi Anda perlu menentukan tujuan yang hendak dicapai. Hal ini untuk mengetahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan selanjutnya. Tanpa tujuan dan visi yang jelas Anda akan mengalami kesulitan dalam menentukan langkah-langkah maupun rencana ke depan.

Menentukan Jangka Waktu

Ketika berinvestasi Anda perlu menentukan jangka waktu supaya hasil yang akan dicapai nanti berjalan maksimal. Terlepas dari apakah Anda calon investor jangka panjang ataupun pendek, waktu merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Sesudah memahami persiapan diatas, saatnya Anda memulai bisnis investasi saham dengan mengetahui beberapa hal penting berikut ini:

Memilih Sekuritas

Cara investasi saham bagi pemula dengan memilih sekuritas biaya relatif kecil menjadi cara sederhana meraih kesuksesan.  Kemudian membuka rekening efek lewat top up dana.

Alasannya, setiap  Anda melakukan transaksi saham perusahaan sekuritas memungut biaya transaksi diambil rekening efek yang Anda miliki. Biaya transaksi berbeda masing-masing perusahaan sekuritas.

Biaya pembelian 0,19, dan pembelian 0,29%, Kemudian ada pula biaya pembeliannya 0,15% serta 0,20% untuk penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih transaksi kecil dalam investasi saham.

Cara investasi saham bagi pemula dengan cara seperti ini memberikan keuntungan yang maksimal. Pastikan membeli saham pada perusahaan sekuritas yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda miliki.

Memilih Saham

Cara lain berinvestasi saham dengan pilih saham yang bergerak di bidang perbankan atau Consumer Goods. Alasannya, perbankan dianggap memiliki kemampuan tinggi dalam mencetak laba setiap tahunnya. Saham di perbankan akan sering naik dan stabil, sehingga alternatif dalam berinvestasi.

Beli Saham dari BEI

Salah satu cara investasi saham bagi pemula dengan membeli saham dari BEI atau Bursa Efek Indonesia. BEI adalah lembaga yang menyelenggarakan jual beli saham resmi. Website BEI menampilkan profil anggota bursa hingga dealer utama sebagai rekomendasi dalam melakukan saham

Beli Saham Bagus Saat Harga Turun

Bagi pemula investasi saham bisa menjadi tantangan dan inovasi baru dalam dunia bisnis. Namun,  di sisi penting melihat kondisi pasar modal saat melakukan pembelian sebuah saham.

Alasannya,  tidak setiap saat bisa membeli saham hanya momentum tertentu kalau ingin  sukses dalam investasi saham. Ada baiknya membeli saham ketika harga turun.

Namun, ada beberapa kasus  yang sebagian membeli harga turun justru kemudian kembali mengalami kenaikan yang lebih tinggi. Meski demikian Anda perlu hati-hati dalam pembelian saham. Bukan berarti harga saham turun kemudian memborong saham tersebut dalam jumlah banyak.

Pilih Investasi Jangka Panjang

Cara terbaik investasi saham bagi pemula yaitu dengan memilih investasi jangka panjang. Alasannya, aman dan menguntungkan, kemudian memiliki resiko yang rendah sehingga bisa melakukan transaksi secara lebih nyaman.

Dari beberapa cara investasi saham bagi pemula yang ada bisa memilih sesuai kebutuhan untuk memulai berinvestasi  saham. Kemudian tidak kalah penting dalam berinvestasi adalah finansial dengan cara menabung 20% dari hasil pendapatan dan asuransi.