Tips dan Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading

Tips dan Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading

Kategori: Trading

iYeay.com – Melihat grafik yang naik dan turun pasti membuat anda merasa kebingungan dan bertanya-tanya “Apakah saya harus menjualnya atau membeli kembali?”. Untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian pada saat transaksi, ada harus mengetahui posisi market, apakah dalam kondisi searah trend atau sedang mengalami koreksi. Hal ini pastinya akan berhubungan juga dengan cara menentukan waktu buy dan sell dalam trading.

Jika anda merupakan salah satu anggota komunitas trader di whatsApp, telegram, dsb Pasti anda sering melihat pertanyaan-pertanyaan mengenai kapan harus buy dan sell. Hal ini dibarengi dengan keluh kesah lainnya. Nyatanya trading tidak sesimple buy ketika mata uang lagi rendah dan sell ketika mata uang meningkat (di harga tinggi).

Apa itu trading?

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai kapan harus buy dan sell, ada baiknya kamu memahami apa itu trading.

Trading merupakan aktivitas jual beli yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar. Dalam praktiknya, trading dan investasi sering dianggap sama, padahal keduanya berbeda. Proses jual beli trading berjalan dalam kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan investasi.  Pada saat melakukan trading, banyak trader yang kebingungan dan kesulitan menentukan kapan harus buy dan sell. Bisa saja harga jual dihari ini meningkat dan besoknya malah menurun.

Tidak dapat dipungkiri, trading bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan berarti trading menjadi hal yang mustahil dikuasai oleh pendatang baru.Berikut beberapa hal yang membuat trading terasa sulit:

  • Bertransaksi dengan modal pinjaman

Bila aktivitas trading diawali dengan dana pinjaman, anda akan memiliki beban psikologis tambahan. Hal ini bisa saja menimbulkan emosi dalam trading apabila mengalami loss.

  • Tidak memiliki sistem trading yang jelas

Untuk mendapatkan keuntungan butuh usaha yang terukur dan terencana. Sebanyak apun modal yang dimiliki, jika tidak memiliki sistem trading yang jelas, maka trading akan terasa sulit.

Tips menentukan Buy dan Sell

  • Gunakan prinsip follow the trend

Sebagai langkah awal menentukan buy dan sell, anda harus selalu mengikuti tren pasar dengan baik. Setelah mengetahui trend yang terjadi, anda tinggal ikuti saja trennya.

Bagaimana caranya mengidentifikasi trend? Agar bisa mengidentifikasi trend yang sedang berlangsung, Anda bisa membuat sebuah Trendline. Tentukanlah titik level rendah dan tinggi pada pergerakan harga. Dengan hal ini Anda bisa mengidentifikasi trend harga yang akan berubah.

  • Lakukan pencarian jati diri sebagai trader

Seorang trader harus mengetahui jati dirinya sendiri, apakah Anda fundamentalis atau teknikalis.Jika seorang trader menggunakan gaya teknikalis, maka dia dapat menggunakan sejumlah indikator saat buy atau sell trading. Sejumlah indikator yang tersedia di platform trading untuk trader gaya teknikalis adalah Parabolic SAR, Moving Average, Bollinger Bands, dsb.

Jika Anda adalah seorang fundamentalis, maka sebelum buy dan sell, Anda akan melakukan pemantauan terhadap pasar dengan cara membaca berita ataupun situasi ekonomi.

  • Tentukan lama waktu untuk hold posisi

Saat menentukan lama waktu agar bisa hold posisi, Anda harus mengetahui style yang anda pakai, yaitu Scalper, Intraday, atau Swinger.

Scalper merupakan trader yang meluangkan waktu lebih banyak untuk menatap chart di layar. Trader dengan style ini sangat ketat dalam mengawasi pergerakan mata uang.

Intraday cocok untuk Anda yang menghabiskan waktu lebih banyak di depan layar, tetapi tidak intense mengawasi pergerakan mata uang. Biasanya trader dengan style ini menahan posisi dalam satu hari.

Swinger merupakan tipe yang menahan posisi berminggu-minggu. Tipe ini memasang posisi sesuai dengan tren dengan tujuan meraih profit yang tinggi (maksimal).

  • Selalu baca berita

Buat kamu yang mau terjun dalam dunia trading, jangan malas untuk baca berita. Anda perlu memantau berita-berita yang berhubungan dengan mata uang yang sedang Anda tradingkan. Dengan membaca berita, Anda bisa mengidentifikasi trend pasar dan menentukan waktu yang tepat untuk buy dan sell dengan lebih mudah.

Nah itu dia tips dan cara menentukan kapan buy dan sell dalam trading. Agar dapat sukses sebagai trader, Anda memang harus banyak belajar dan mengikuti tren. Semoga setelah mengikuti tips ini, kemampuan analisa Anda sebagai seorang trader dapat meningkat ya.