Mengenal kelebihan timbangan emas digital dan belajar cara menggunakannya

Belajar Cara Menggunakan Timbangan Emas Digital dan Mengenal Kelebihannya

Kategori: Emas

iYeay.com – Sudahkah Anda tahu cara menggunakan timbangan emas digital dengan benar? Alat ini biasanya digunakan khusus oleh para pebisnis atau toko emas. Mengapa mereka lebih memilih versi digital? Sebab jenis timbangan ini dinilai lebih akurat sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penimbangan.

Selain itu bentuk dan ukurannya lebih kecil, sehingga lebih mudah disimpan karena sifatnya portable. Namun meski begitu, selama ini mungkin penggunaannya asing bagi sebagian besar orang. Tapi disini kami akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara kerjanya dalam mengukur berat logam yang sesuai dengan jenis timbangan ini.

Kelebihan Menggunakan Timbangan Emas Digital

Sebelum mempelajari cara menggunakan timbangan emas digital dengan benar,terlebih dahulu Anda perlu tahu alasan mengapa memilih versi ini.

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para pengguna ketika menggunakan timbangan emas digital, antara lain:

Penggunaan Praktis

Kelebihan menggunakan timbangan versi digital yang pertama adalah praktis. Berbeda dengan analog yang cara membacanya cukup rumit dan harus diatur berulang kali supaya mendapatkan data berat yang seimbang. Itulah kenapa cara menggunakan timbangan emas digital dinilai lebih praktis.

Dengan menggunakan jenis timbangan yang seperti ini, Anda bisa menggunakannya dengan mudah kapan saja ketika membutuhkannya. Baik ketika ingin digunakan secara terburu-buru atau tidak. Yang jelas alat ini lebih praktis dan hasilnya bisa langsung dilihat secara otomatis.

Perawatan Mudah

Jenis timbangan yang seperti ini tidak memiliki banyak bagian, bentuknya sederhana, dan ukurannya kecil. Jadi mudah dalam perawatannya dibandingkan menggunakan alat yang masih manual. Cukup disimpan pada tempat yang bersih dan kering, kemudian saat membersihkan cukup dengan dilap saja. Maka Anda sudah bisa menggunakannya dengan mudah.

Akurat

Sekali beban diletakkan di atasnya akan langsung mengukur beratnya secara otomatis dengan akurat. Bisa dalam satuan gram dan desimalnya. Jumlah decimal bisa ditentukan sendiri misalnya dua angka di belakang koma atau tiga angka dan seterusnya. Jadi pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya sendiri.

Keakuratan ini paling penting saat memahami cara menggunakan timbangan emas digitalSebab akan berkaitan langsung dengan penentuan harga jual maupun beli. Toko emas akan memperhitungkan setiap gram sampai desimalnya saat akan dikonversikan dengan harga pasaran. Itulah kenapa peran timbangan yang akurat sangat penting sekali.

Cara Menggunakan Timbangan Emas Digital

Mengoperasikan timbangan emas digital cukup mudah. Tidak heran jika jenis timbangan yang seperti ini semakin banyak digunakan oleh semua orang. Bahkan untuk kelas usaha patri emas atau reparasi perhiasan yang ada di pinggir jalan juga ikut menggunakannya.

Tahapan penggunaannya adalah seperti di bawah ini:

Letakkan di Tempat Rata

Peletakan miring dapat berakibat perbedaan keakuratan, selain itu akan lebih cepat merusak bagian-bagiannya sehingga timbangan tidak dapat bekerja dengan baik. Berbeda dengan timbangan gantung yang menyesuaikan posisi keseimbangannya sendiri. Sehingga proses peletakannya harus benar bila ingin hasilnya akurat.

Pilih Tempat Kokoh

Perhatikan tempat meletakkannya, usahakan kokoh, bersih, dan tidak basah. Itu karena nantinya timbangan ini akan menahan beban. Meski bebannya berkesan ringan, namun tetap saja peletakan timbangan tidak boleh sembarangan begitu saja. Tempat paling ideal adalah di atas lantai atau meja yang kuat.

Nyalakan Timbangan

Sudah ada tombol on/ off di alatnya. Jadi cara menggunakan timbangan emas digital adalah Anda cukup menyalakan dengan menekannya sekali saja. Pada beberapa versi ada yang mengharuskan untuk menunggu beberapa saat baru bisa dinyalakan timbangannya. Jadi untuk menggunakannya nyalakan timbangan dengan menekan tombolnya baru diletakkan bebannya.

Tunggu Angka Nol (0)

Setelah dinyalakan, tunggu display sampai menyala dan menunjukkan angka nol (0). Bisa jadi bukan angka tunggal melainkan nol dengan decimal nya seperti 0,00 atau 0,000 dan seterusnya tergantung pengaturannya dari awal. Jadi sebelum angka ini menyala, artinya alatnya belum bisa digunakan.

Letakkan Beban

Setelah muncul angka nol, perhatikan satuan di bagian paling kanan angka biasanya akan muncul “g” menunjukkan gram. Setelah itu letakkan beban berupa emas perhiasan atau lainnya di atas tempat yang tersedia, maka timbangan akan langsung membaca beratnya secara otomatis.

Sangat mudah penggunaannya, Anda bisa mempelajarinya dari buku manual saat pertama kali membeli. Bisa juga otodidak sebab cara menggunakan timbangan emas digital ini bisa dicoba dari menu sederhana yang ada pada perangkatnya. Jadi siapa saja pasti bisa menggunakannya dengan mudah.