Cara upload NFT di OpenSea

Cara Upload dan Jual Aset NFT di Opensea

iYeay.com – Tidak dapat dipungkiri bila ternyata ada banyak orang tidak tahu bagaimana cara upload NFT di OpenSea dan menjual asetnya dengan benar. Padahal sebenarnya caranya sangat mudah dan menguntungkan bila Anda sudah tahu rahasianya.

Non-Fungible Token atau disingkat NFT merupakan istilah yang cukup populer dalam dunia bisnis digital. Banyak orang yang tertarik dan terjun untuk berbisnis di dunia NFT. Itu karena dilihat secara umum, NFT merupakan aset digital yang unik dan dimiliki oleh satu orang. Nilai tukarnya pun beragam, yaitu sesuai nilai jual yang menjual inginkan.

Untuk menjual aset NFT, dibutuhkan suatu marketplace. Marketplace NFT yang paling besar dan populer adalah OpenSea. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu OpenSea dan cara upload NFT di OpenSea? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu OpenSea?

OpenSea adalah platform jual beli digital seperti Amazon, eBay dan Tokopedia. Namun produk yang diperjualbelikan berupa aset digital yang diproteksi oleh teknologi blockchain. OpenSea merupakan marketplace NFT yang populer dan terbesar di dunia. Lebih dari 300 ribu pengguna dengan jumlah lebih dari 34 juta produk NFT dipasarkan di marketplace OpenSea.

Produk-produk tersebut diantaranya adalah karya seni, nama domain sampai crypto kitties. Setiap aset digital dapat dipasarkan di market Open Sea. Aktivitas transaksi di Open Sea tercatat mencapai lebih dari 4 Miliar US Dollar.

Umumnya, pengunjung marketplace Open Sea bertransaksi dengan mata uang kripto Ethereum. Namun Open Sea juga menyediakan layanan pembayaran menggunakan token lain, misalnya $UNI dan $WHALE.

Anda harus menyambungkan akun e-Wallet Anda agar bisa menukar dengan mata uang USD menjadi mata uang kripto pilihan Anda. Salah satunya adalah MetaMask. Yaitu sebagai mata uang digital yang popular saat ini.

Cara Upload NFT (Non-fungible Token) di OpenSea.io

Di bawah ini adalah cara upload nft di opensea yang paling mudah dan bisa dijadikan sebagai acuan untuk pemain baru, antara lain:

Mendaftar di OpenSea

Sebelum mengupload aset digital Anda di Open Sea, Anda harus melakukan mendaftar atau membuat akun di OpenSea. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs opensea.oi di browser menggunakan smartphone atau PC.
  • Buat akun dengan cara klik ikon dompet atau foto profil.
  • Pilih “Connect Wallet”, pilih opsi dompet digital yang Anda gunakan.
  • Buka extension dompet digital yang akan digunakan untuk diinstal nanti.
  • Setelah terhubung k dompet digital, pilih menu “Account” lalu klik “Profile” untuk mengatur informasi profil yang akan Anda digunakan di OpenSea, mulai di dari email, username dan data lain yang diperlukan.
  • Setelah memasukan seluruh informasi yang dibutuhkan, kemudian klik “Save” untuk disimpan. 

Upload NFT di OpenSea

Setelah berhasil membuat akun, Anda bisa langsung mengupload aset digital NFT di platform tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman awal Open Sea, klik “Create”.
  • Masukkan file (foto/gambar, video, dll.) yang akan Anda jadikan sebagai NFT.
  • Masukkan nama NFT, lalu lakukan pengaturan penting sesuai petunjuk.
  • Jika sudah, klik “Create”.
  • Selesai.

Cara Jual Aset NFT di Opensea

Setelah mempelajari cara upload NFT di OpenSea dengan benar, saatnya untuk memahami bagaimana cara menjual asetnya dengan benar. Karena untuk bisa mempunyai asset digital disini yang bisa diuangkan, Anda harus punya karya dulu yang dapat dijadikan sebagai asset NFT.

Untuk itu bila Anda tidak tahu bagaimana cara menjualnya, simak panduannya di bawah ini:

Login dan Create

Untuk memulainya, maka setelah mengetahui bagaimana cara upload nft di opensea, saatnya login ke dalam situs Opensea, bisa melalui dompet digital bernama Meta Mask. Di halaman awal ini Anda bisa memilih menu create. Setelah itu upload file yang mau dijadikan sebagai NFT berupa foto, gambar, video, dll yang ada dalam menu drop down.

Isi Data Aset Digital dengan Lengkap

Untuk mengunggah NFT, maka pilih menu create di bawah halaman OpenSea. Selanjutnya penuhi data informasi asset digital semuanya dengan lengkap, mulai dari deskripsi hingga nama NFT-nya. Bila sudah langsung pilih menu save untuk menyimpannya dan tunggu hingga ada pesan konfirmasi dari pihak OpenSea.

Cara Jual Aset NFT

Bula lagi menu my collection yang ada ikon foto profil di  kanan atas pojok, setelah itu pilih NFT yang mau dijual. Bila sudah, langsung pilih menu sell dan skema penjualannya. Disini Anda mendapatkan 2 macam pilihan cara menjual di dalam OpenSea.

Yaitu fixed price untuk menjualnya secara langsung. Sedangkan bila ingin memakai skema lelang, Anda bisa menjualnya dengan memilih menu time auction. Setelah itu, jangan lupa masukkan harga NFT Anda menggunakan mata uang crypyo Ethereum.

Atur Lama Menjualnya

Terakhir atur berapa lama asset NFT tersebut mau dijual pada kolom duration. Bila sudah selesai diatur, pilih complete listing. Selanjutnya tunggu sampai ada konfirmasi dari OpenSea. Bila sudah ada konfirmasi, artinya asset NFT sudah tersedia untuk public dan Anda tinggal menunggu pembelinya datang. Itulah penjelasan mengenai apa itu OpenSea dan cara upload di OpenSea.