Mengenal faktor keberhasilan peluang usaha menurut hendro

Faktor Keberhasilan Peluang Usaha menurut Hendro dan Jenis Kecerdasan Wirausaha

Kategori: Ekonomi, Keuangan

iYeay.com – Faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro adalah salah satu pendapat ahli dalam bidang ekonomi khususnya kewirausahaan. Teori ini digunakan berdasarkan pada pengamatan terhadap persentase keberhasilan pelaku usaha dalam melakukan wirausaha.

Pendapat ahli ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk memulai bisnis supaya lebih efektif dan efisien. Sehingga bisa memaksimalkan persentase keuntungan dan meminimalisir terjadinya resiko kerugian yang bisa saja terjadi saat melakukan usaha. Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.

Kecerdasan Merencanakan Strategi sebagai salah satu Faktor Keberhasilan Peluang Usaha Menurut Hendro

Kecerdasan membuat rencana strategi menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu usaha. Tidak dijelaskan untuk pemula maupun expert dalam melakukan hal ini. Sehingga ini bisa berlaku untuk semua level usaha yang ingin dilakukan.

Faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro dalam hal ini memiliki manfaat besar. Sehingga tidak bisa diabaikan pada saat akan memulai suatu bisnis. Manfaat dari kecerdasan merencanakan strategi diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Membuat Rencana Bisnis

Mengkomunikasikan rencana strategis, sehingga dapat dimengerti oleh semua pihak yang terlibat. Masing-masing bagian dapat melaksanakan fungsinya dengan tepat sesuai dengan rencana bisnis yang akan dilakukan sebelumnya.

Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas dari adanya efisiensi dan efektifitas penggunaan modal serta fokus pada hasil. Dengan demikian tidak ada modal terbuang percuma, pencapaian hasil jadi maksimal. Karena dari awal setiap pelaku usaha diminta untuk lebih fokus terhadap pencapaian hasil yang diraih ketika melakukan usaha.

Mengidentifikasi Kelemahan Strategi Bisnis

Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menjadi momen terbaik untuk membuat analisa secara keseluruhan. Sehingga faktor-faktor yang berpeluang menggagalkan perencanaan dapat diantisipasi lebih dini. Banyak orang melakukan hal-hal yang sia-sia dalam berbisnis karena mereka tidak pernah memperhatikan kelemahan strategi yang digunakannya lebih awal.

Akibatnya meski sudah mengeluarkan banyak modal, waktu, dan tenaga untuk berbisnis, hasilnya tetap nol kosong. Karena memang dari awal mereka tidak fokus terhadap apa saja yang membuat bisnisnya gagal sebelumnya (menyebabkan kerugian sebelumnya). Jadi faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro yang seperti ini sangat penting sekali.

Membuat Visi Misi Usaha

Menetapkan arah bisnis, ini paling penting karena merupakan bagian dari visi misi perusahaan. Menempatkan perusahaan pada posisi paling tepat dalam perjalanannya mencapai target sesuai yang diinginkan adalah poin penting seorang wirausaha agar sukses dalam berbisnis.

Macam-Macam dari Kecerdasan Wirausaha

Faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro bukan hanya dilihat dari kerasnya sebuah usaha tetapi dari segi kecerdasan membuat perencanaan strategis. Dalam kewirausahaan terdapat beberapa tipe kecerdasan yang perlu diperhatikan supaya bisa sukses dalam melakukan wirausaha. Di bawah ini adalah jenis kecerdasan wirausaha yang perlu diaplikasikan dalam berbisnis, antara lain:

Strategic Thinker

Ini adalah contoh jenis kecerdasan seorang pengusaha sebagai strategic planner yang handal. Jadi mereka bekerja tidak hanya mengandalkan otot saja, melainkan juga otak. Sementara pada eksekusi pekerjaan/ bisnisnya lebih memberdayakan bawahannya. Sehingga mereka tidak pernah merasa lelah karena tidak terjun secara langsung menjalankan bisnisnya.

Motivator

Ini adalah salah satu faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro ketika membicarakan tentang jenis kecerdasan wirausaha. Jadi seorang wirausaha harus bisa menjadi seorang motivator baik bagi diri sendiri. Yaitu dengan selalu bangkit dan mengambil pelajaran dari setiap kegagalan, maupun motivator bagi orang lain yang bekerja bersama dalam satu organisasi. Sehingga dengan adanya kecerdasan ini membuat bisnis yang dikerjakan lebih maju dan tidak pernah gagal.

Ambitious

Seorang wirausaha harus memiliki ambisi positif dan tepat sehingga mampu bekerja memajukan perusahaan dari dalam, serta mampu bersaing dengan para kompetitor diluar perusahaan. Karena tanpa adanya ambisi positif ini membuat seorang wirausaha tidak akan pernah maju.

Bisa Anda bayangkan bagaimana mungkin seorang wirausaha bisa maju bila tidak memiliki sikap bersaing? Untuk itu bila Anda ingin menjadi seorang wirausaha sukses, sebaiknya miliki jenis kecerdasan ambitious ini supaya lebih matang dan siap berwirausaha.

Risk Manager

Kecerdasan merencanakan strategi juga termasuk didalamnya adalah manajemen resiko. Artinya salah satu jenis kecerdasan dari faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro ini adalah tidak gegabah, terburu-buru, dan selalu cermat serta jeli dalam membaca resiko maupun peluang yang ada ketika sedang berbisnis.

Karena tidak dapat dipungkiri bila banyak pebisnis tidak menyadari bahwa setiap usaha itu selalu disertai dengan resiko di dalamnya.  Sehingga ketika ada kendala dalam bisnisnya, mereka langsung gulung tikar karena tidak memahami bagaimana cara mengatasi (solusi) dari risk manager dalam bisnisnya tersebut.

Totality

Totalitas setiap mengerjakan tugas dengan tanggung jawab membangun usaha, pantang menyerah meski menghadapi berbagai kendala yang menyulitkan adalah bagian dari jenis kecerdasan seorang wirausaha. Sehingga orang lain yang bekerja sama memiliki kepercayaan diri untuk juga memberikan usaha secara totalitas kepada pelaku usaha.

Membuat perencanaan merupakan langkah awal sebuah bisnis. Hal ini berlaku baik level kecil, mikro, menengah, maupun besar. Sehingga pemanfaatan sumber daya material dan nonmaterial bisa tepat guna sesuai dengan yang diharapkan.

Ada banyak teori bidang ekonomi bisnis bisa diikuti untuk menjalankan sebuah bisnis menyesuaikan dengan keyakinan setiap pelaku bisnis. Namun pastinya dengan mengikuti faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro yang telah dikupas di atas ini bisa memberikan Anda sikap positif untuk mencapai target bisnis dengan efektif dan efisien seperti yang diharapkan.