Mengenal Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Mengenal Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Kategori: Keuangan, Saham

iYeay.com – Mulailah membangun masa depanmu sedari muda. Anda bisa memulainya dengan berinvestasi di berbagai instrumen. Mulai dari investasi riil hingga non riil. Dengan adanya pasar modal, pasti memberikan dampak kepada perekonomian, Manfaat dari adanya pasar modal bisa Anda lihat berdasarkan dua sisi, yaitu sisi ekonomi dan juga keuangan.

Dari sisi ekonomi, pasar modal memberikan kemudahan dimana pasar modal dapat mempertemukan dua pihak yaitu investor dan juga emiten. Di sisi keuangan, adanya pasar modal mampu menciptakan peluang bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan. Sebelum kita membahas lebih lanjut seputar manfaat pasar modal, ada baiknya Anda mengetahui apa itu pasar modal. Yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Pasar Modal

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No.8 tahun 1995, pasar modal merupakan aktivitas yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek yang mengikut sertakan perusahaan publik dan lembaga yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal menjadi tempat bertemunya pemasok saham dengan pihak yang berkepentingan. Di tempat ini memperdagangkan beberapa instrumen pasar, seperti saham, obligasi, surat utang negara, reksadana, dan juga surat berharga lainnya.

Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Berikut adalah beberapa manfaat pasar modal bagi emiten yang menjual sahamnya, yaitu:

  • Mendapatkan dana dengan jumlah besar
  • Tidak adanya perjanjian sehingga pihak manajemen bisa dengan bebas mengelola dana yang diperoleh perusahaan
  • Dana yang telah diperoleh dari pemegang saham dapat dimanfaatkan oleh emiten dalam perluasan atau pengembangan bisnis baru.
  • Emiten dapat memperoleh banyak modal tanpa perlu berhutang ke bank.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

Dalam pasar modal, tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang menjadi investor di pasar modal. Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh investor, yaitu:

  • Investor memperoleh benefit dalam bentuk passive income berupa dividen.
  • Dengan berinvestasi di berbagai instrumen dapat meminimalkan kerugian karena instrumen investasi yang lain.
  • Memudahkan para pemodal dalam memutar dana yang dimiliki.

Pelajari Juga:
Mengenal Apa itu Saham Seri A dan B, Jenis, dan Perbedaannya

Keuntungan Bagi Masyarakat

Walaupun tidak merasakannya secara langsung, masyarakat juga memperoleh manfaat loh dari aktivitas di pasar modal. Berikut ini adalah manfaat terutama dalam bidang ekonomi:

  • Meningkatkan Lapangan Kerja
    Perusahaan yang mendapatkan modal dari pasar modal dapat membantu perusahaan agar beroperasi dengan lancar. Hal ini dapat meningkatkan terbukanya lapangan kerja yang luas bagi masyarakat yang membutuhkan.
  • Memperoleh produk berkualitas dari perusahaan.
    Agar perusahaan dapat memberikan produk yang bermutu, mereka memerlukan permodalan dari investor. Dengan stabilnya keuangan perusahaan, dapat membantu perusahaan menghasilkan produk berkualitas yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat
  • Kemudahan dalam menemukan produk dengan harga murah
    Perusahaan dengan kapasitas produksi yang besar mampu memberikan harga yang lumayan terjangkau bagi para konsumen, Dengan jumlah yang banyak dan harga terjangkau, membuat konsumen lebih gampang menemukan produk tersebut.
  • Kemudahan akses untuk berinvestasi
    Dengan adanya pasar modal dapat memberikan peluang kepada siapa saja yang berinvestasi ataupun menanamkan modalnya.

Nah itu dia penjelasan mengenai manfaat pasar modal bagi emiten. Pada pasar modal, Anda bisa berinvestasi saham dengan modal mulai dari Rp 50 per lembar hingga lebih dari Rp 1.000 per lembar. Apabila Anda memiliki keterbatasan modal, Anda bisa mulai bertransaksi dengan harga saham yang lebih rendah. Namun, sebelum membeli saham ada baiknya Anda selalu melakukan analisis mendalam agar terhindar dari risiko kerugian yang besar.