Mekanisme perdagangan saham di pasar modal

Tentang Mekanisme Perdagangan Saham di Pasar Modal

iYeay.com – Mekanisme perdagangan saham (transaksi) yang dilakukan di pasar modal bergantung kepada jenis pasar apa yang sedang berlangsung. Oleh karena itu untuk mengetahui bagaimana mekanisme perdagangan saham di pasar modal penting untuk tahu jenis pasarnya terlebih dulu.

Berdasarkan waktu transaksi terdapat 2 jenis pasar yaitu Pasar Primer dan Pasar Sekunder. mekanisme perdagangan saham di pasar modal Sekunder dilakukan saat obligasi sudah dicatat dalam bursa. Jadi dari sinilah bisa terjadi perdagangan karena sudah ada dalam bursa.

Mekanisme Perdagangan Saham di Pasar Modal

Setelah mengetahui jenis pasar apa yang sedang berlangsung berikutnya adalah mekanisme transaksi saham di pasar modal. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

Proses Pelaksanaan Perdagangan di Pasar Modal

Proses transaksi di pasar modal menggunakan fasilitas bernama JATS atau Jakarta Automated Trading System. Selain itu transaksi hanya bisa dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang sudah menjadi Anggota Kliring KPEI.

Anggota Bursa memiliki tanggung jawab dalam setiap transaksi yang dilakukan di pasar modal baik atas nama pribadi atau kepentingan nasabahnya. Jadi proses perdagangan yang terjadi dilakukan secara remote atau online.

Sehingga naik turunnya harga saham bisa dipantau secara langsung. Lebih mudah bagi investor untuk melakukan transaksi pembelian saham di pasar modal. Karena semua aktivitasnya dilakukan secara daring.

Jam Perdagangan

Anda juga perlu tahu jam perdagangan yang bisa melakukan transaksi. Perdagangan yang dilakukan di Pasar Negosiasi, Pasar Tunai, dan Pasar Reguler biasanya dilakukan setiap hari di jam-jam tertentu. Berikut ini jam perdagangan berdasarkan JATS, antara lain:

HariSesi 1Sesi 2
Senin – KamisPukul 09.00 – 12.00 WIBPukul 13.30 – 16.15 WIB
JumatPukul 09.00 – 11.30 WIBPukul 14.00 – 16.15 WIB

Adapun untuk Pra Pembukaan di Pasar Reguler dilakukan di waktu-waktu tertentu. Berikut ini waktu dan agendanya:

WaktuAgenda
Pukul 08.45 – 08.55 WIBSetiap Anggota Bursa (AB) memasukkan jumlah penawaran atau permintaan yang akan dibeli
Pukul 08.55 – 08.59 WIBJATS akan memulai proses pembentukan harga pra pembukaan dan alokasi transaksi yang akan terjadi

Sedangkan untuk jam Perdagangan Pasar Tunai setelah pra pembukaan adalah sebagai berikut:

HariJam
Senin – KamisPukul 09.30 – 12.00 WIB
JumatPukul 09.30 – 11.30 WIB

Satuan yang digunakan untuk melakukan transaksi di Pasar Tunai dan Pasar Reguler yaitu round lot dan kelipatannyan 500 efek. Sedangkan di Pasar Negosiasi tidak menggunakan satuan apapun dalam melakukan transaksi. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan modal awal bila ingin melakukan transaksi di pasar tunai dan regular ini.

Ketentuan Perubahan Harga atau Fraksi

HargaStep ValueMaksimum Price
< Rp 5001 rupiah20 rupiah
Rp 500 sampai dengan < Rp 5.0005 rupiah100 rupiah
>= Rp 5.00025 rupiah500 rupiah

Istilah dalam Mekanisme Perdagangan Saham

Setelah mengetahui bagaimana mekanisme perdagangan saham atau urutan melakukan transaksi saham di bursa berikut ini ada beberapa istilah sering disebut di pasar modal:

Withdraw

Withdraw adalah perintah untuk membatalkan pesanan yang belum menjadi transaksi. Sehingga Ketika Anda berubah pikian untuk melakukan perdagangan saham, maka solusinya adalah segera tekan menu withdraw. Sehingga uang bisa langsung ditarik tanpa melakukan aktivitas perdagangan saham ini.

Amend

Amend berarti hanya bisa dilakukan pada order dan belum bisa menjadi transaksi. Jadi bila diibaratkan dengan kegiatan membeli produk di sebuah marketplace, Anda hanya melakukan pembelian yang sampai pada keranjang belanja saja. Belum dilakukan mekanisme perdagangan saham, karena masih melakukan pengecekan dulu sebelum terjadi aktivitas tersebut.

Auto Rejection

Terakhir adalah auto rejection yang artinya adalah pembatasan harga penawaran terendah atau tertinggi di pasar modal. Sehingga dari sinilah Anda bisa mengatur sendiri berapa besar uang yang digunakan untuk melakukan mekanisme perdagangan saham ini mulai dari penawaran harga yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana mekanisme perdagangan saham di pasar modal. Jadi tidak perlu bingung lagi apabila ingin membeli atau menjual saham. Selain itu ikuti waktu transaksi yang sudah diberikan oleh JATS.