Ketahui Apa itu NFT Crypto dan Fungsinya

Ketahui Apa itu NFT Crypto dan Fungsinya

iYeay.com – Apa itu NFT Crypto? NFT sendiri merupakan singkatan dari Non-fungible Token yang merupakan salah satu aset investasi dan masuk dalam uang crypto. Adanya NFT semakin membuat pasar modal ramai. Karena banyak orang mulai menyadari bila non fungible token ini merupakan cara paling muda untuk melakukan transaksi.

NFT merupakan sebuah aset digital yang menunjukkan bukti kepemilikan barang. Barang tersebut bisa diperjualbelikan. Ada berbagai macam bentuk NFT yang bisa Anda beli di pasar modal. Apa saja itu? Simak artikel di bawah ini.

Apa itu NFT Crypto?

Istilah ini mulai berkembang pada tahun 2017 ketika ada game dengan nama Crypto Kitties dirilis. Dari situ orang bisa bermain game dengan menggunakan blockchain Ethereum. Sesuai dengan namanya para pengguna bisa memperjual belikan kucing peliharaan mereka.

Mulai dari situ istilah NFT semakin berkembang hingga ke telinga investor. NFT merupakan aset digital yang menandakan kepemilikan atas sebuah barang. Transaksi tersebut akan masuk ke sebuah data di blockchain. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi digital secara langsung lewat data pada blockchain tersebut.

Ketika Anda membuka data di blockchain maka langsung muncul harga, histori kepemilikan aset, dan penciptanya. Sama seperti game di atas, transaksi yang berlangsung juga menggunakan Ethereum atau ETH.

Bentuk NFT sendiri adalah GIF, JPEG, PNG, dan sebagainya. Ketika Anda sudah memiliki NFT maka bisa membeli atau menjual barang dengan bijak. Caranya adalah dengan mencetak aset yang dimiliki dalam bentuk digital.

Fungsi Non-fungible Token (NFT)

Setelah mengetahui apa itu NFT Crypto berikutnya adalah fungsi NFT. Adanya NFT dan teknologi blockchain menjadi kesempatan emas bagi para seniman dan pembuat konten untuk menghasilkan uang dari barang yang diciptakan.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari NFT, antara lain:

Menjual Karya Seni Apapun menjadi Lebih Mudah

Contohnya adalah seorang pelukis yang tidak perlu bergantung pada galeri untuk mendapatkan uang. Pelukis bisa memasarkan karyanya dengan cara digital. Pelukis bisa menjual langsung hasil karya seninya ke konsumen untuk dijadikan sebagai NFT.

Nah dari sinilah tentunya Anda cukup memahami tentang apa itu NFT Crypto lebih jauh. Setidaknya NFT membuat para seniman tidak lagi kebingungan dan kesusahan untuk menjual karya seninya di dunia maya. Ada banyak calon pembeli yang siap membayar dengan harga tinggi untuk setiap karya seni berkualitas yang telah dihasilkan oleh para seniman di luar sana.

Terkait:
Mengenal Apa itu NFT Marketplace dan Cara Menjualnya

Membuat Royalti dengan NFT Crypto

Jangan lupa untuk membuat konsep royalti agar pelukis dan seniman lainnya mendapatkan komisi ketika menjual karya seninya. Contohnya adalah merk Taco Bell dan Charmin yang melakukan lelang karya seni NFT dengan tema mengumpulkan dana untuk amal.

Lalu hasilnya karya seni yang dilelang tersebut laku dalam hitungan menit. Tawaran tertingginya 1.5 eter atau USD 3.723.83. Ada lagi GIF kucing tahun 2011 bernama Nyan Cat yang terjual USD 600.000 di bulan Februari.

NBA juga bisa menghasilkan uang USD 500 jutaan di akhir Maret. Ada juga beberapa contoh selebriti yang ikut menjual karya seninya. Sebut saja Lindsay Lohan dan Snoop Dogg yang menjual karya seni, kenangan unik dan tentu saja laku.

NFT sangat membantu para seniman untuk mendapatkan keuntungan pasti dari karya seninya. Tentu saja ada banyak produk lain yang dijual di pasar modal. Hanya saja terkadang beberapa orang tidak tahu produk apa lagi yang bisa dijual disini.

Maka dari itu, berdasarkan penjelasan di atas mengenai apa itu NFT Crypto, NFT merupakan salah satu produk dari crypto akan tetapi keduanya berbeda. Kepemilikan NFT bersifat penuh/ mutlak dan tidak bisa dibagi menjadi denominasi.