Mengenal apa itu NFT Marketplace dan cara menjualnya

Mengenal Apa itu NFT Marketplace dan Cara Menjualnya

iYeay.com – Sudahkah Anda tahu apa itu NFT Marketplace? Tidak dapat dipungkiri meski istilah Non-fungible Token ini sering diucapkan, namun tidak semua orang tahu seperti apakah penjelasannya lebih jauh bila dikaitkan dengan dunia marketplace.

NFT Marketplace merupakan platform khusus yang memperjual-belikan berbagai jenis aset digital. Simak lebih lanjut tentang apa itu NFT Marketplace berikut ini. Karena akan dibahas tentang pengertian hingga contohnya.

Penjelasan Apa itu NFT Marketplace?

Non-Fungible Token atau disingkat NFT marketplace merupakan suatu platform di mana NFT dipasarkan. Sederhananya, NFT Marketplace adalah platform market seperti eBay atau Amazon untuk melakukan jual-beli produk, namun berfokus pada produk-produk NFT.

NFT marketplace menyediakan fasilitas untuk para kolektor digital untuk bertransaksi jual-beli dan membuat token NFT sendiri, untuk merepresentasikan kepemilikan karya, aset dan item-item unik mereka, baik itu dalam bentuk digital maupun non-digital.

Terkait:
Apa itu NFT Art? Ini Penjelasan dan Cara Membuatnya

Contoh Platform NFT Marketplace

Untuk mengenal lebih jauh seputar apa itu NFT Marketplace, maka akan kami ulas seputar contohnya disini. Berikut ini merupakan 4 platform NFT marketplace yang populer dan direkomendasikan untuk Anda, diantaranya:

OpenSea

OpenSea merupakan market NFT universal pertama yang paling populer, yang berbasis teknologi blockchain Ethereum. Anda bisa menemukan berbagai jenis NFT yang merepresentasikan hak kepemilikan item khusus virtual, karya seni sampai koleksi kartu digital.

Di platform Open Sea, setiap pengguna bisa membuat koleksi dan mengunggah karya-karya mereka, sampai kepada urusan penjualan karya dengan cara yang mudah.

Rarible

Platform yang berikutnya yaitu Rarible. Rarible merupakan market NFT yang penggunanya adalah pemegang token bernama TARI. Para pembeli bisa menemukan aneka koleksi seni dan item-item lainnya pada tiap segmen. Segmen yang ada diantaranya, Top Seller, Top Collections, Top Sellers, Live Actions dan Hot Bids.

Super Rare

Selanjutnya ada SuperRare. Marketplace NFT yang satu ini bekerja sama dengan para seniman ternama untuk menghasilkan berbagai koleksi karya digital.

Penyimpanan koleksi mereka diamankan dengan teknologi kriptografi dalam blockchain. Selain karya seni digital, platform ini juga rutin mengadakan event pameran NFT.

Nifty Gateway

Nifty Gateway merupakan platform yang menjual berbagai macam item digital. Platform NFT semakin populer ketika berhasil menjual karya-karya dari seniman/musisi besar dunia seperti Steve Aoki, Beeple dan deadmau5 yang meraih rekor penjualan NFT termahal di dunia dengan nilai $69,3 juta untuk karyanya yaitu “Everyday’s: The First 5000 Days”.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Setelah mempelajari apa itu NFT Marketplace dan contohnya, waktunya memahami bagaimana cara menjualnya dengan benar. Sehingga sebagai investor bisa mendapatkan keuntungan lebih dari investasi saham seperti ini. Berikut cara menjualnya, antara lain:

1. Registrasi akun OpenSea

2. Mengunggah NFT

  • Klik ikon foto profil di bagian pojok kanan halaman Open Sea, lalu buka opsi My Collection
  • Pilih NFT
  • Pilih opsi Sell
  • Pilih jenis atau sistem penjualan, apakah Anda ingin memilih fixed price atau lelang dengan memilih Time Auction
  • Masukkan harga NFT menggunakan mata uang kripto, misalnya Ethereum
  • Pilih Duration untuk mengatur durasi produk tersebut akan dijual
  • Pilih dan klik opsi Complete Listing
  • OpenSea akan membuka extension MetaMask hingga Anda bisa melakukan konfirmasi registrasi penjualan.

Itulah penjelasan tentang apa itu NFT marketplace dan cara menjualnya. Dengan memahami serba-serbi di atas, diharapkan ini cukup bisa membantu Anda untuk mengenal lebih jauh tentang NFT dan beberapa hal menarik di dalamnya.