Apa itu Pasar Modal, Jenis, dan Mekanisme Transaksinya

Apa itu Pasar Modal, Jenis, dan Mekanisme Transaksinya

iYeay.com – Apakah kamu tahu bahwa investasi digital seperti Reksadana merupakan instrumen investasi yang termasuk ke dalam pasar modal?. Instrumen investasi merupakan suatu wadah bagi seseorang untuk melindungi harta/aset yang mereka miliki. Ada banyak instrumen investasi yang dapat disesuaikan dengan tujuanmu.

Sebelum adanya perkembangan digital secara pesat, terdapat beberapa instrumen investasi di tengah masyarakat seperti emas dan juga properti. Pada saat itu, belum banyak orang yang mengetahui pilihan investasi melalui pasar modal.
Walaupun generasi Milenial sudah mulai berinvestasi, tidak sedikit dari mereka yang tidak mengerti apa itu pasar modal, jenis-jenisnya, hingga ke mekanisme transaksinya.

Mengenal Apa itu Pasar Modal

Pasar modal (capital market) adalah pasar yang digunakan sebagai sarana untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara memperdagangkan surat berharga (efek) seperti saham dan obligasi. Pasar modal tidak bisa disamakan dengan menabung dan juga bukan sekadar pasar dengan transaksi jual beli karena pasar modal memegang peran besar dalam perekonomian suatu negara.

Pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu:

Fungsi Ekonomi

Pasar modal mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak investor dan pihak yang memerlukan dana.

Fungsi keuangan

Adanya kesempatan untuk memperoleh imbalan yang diberikan kepada pemilik dana. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Kelebihan dan Kelemahan pasar modal

Dalam penggunaanya, pasti ada kelebihan dan juga kelemahannya. Ini dia kelebihan pasar modal:

  • Menjadi sumber pendanaan jangka panjang bagi perusahaan
    Dalam upaya mengembangkan usaha, perusahaan pastinya memerlukan pendanaan. Maka dari itu, perusahaan berinteraksi di pasar modal agar memperoleh sumber pendanaan.
  • Wahana investasi beragam bagi masyarakat
    Ada banyak sarana bagi masyarakat sehingga memungkinkan diversifikasi dilakukan.
  • Sebagai indikator perkembangan ekonomi suatu negara’
    Suatu bangsa yang aktif dalam kegiatan investasinya, dapat dikatakan memiliki perekonomian yang baik.
  • Sarana investasi masyarakat untuk mendapatkan keuntungan
    Apabila masyarakat menanamkan modal ke suatu perusahaan dan ternyata perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan yang besar. Maka, hal ini akan memperbesar kemungkinan bahwa masyarakat (investor) akan memperoleh keuntungan.

Selain kelebihan, terdapat beberapa kelemahan pasar modal, yaitu:

  • Tidak banyak masyarakat yang mengetahui mekanisme pasar modal.
    Pengetahuan mengenai pasar modal belum menyeluruh ke segala lapisan masyarakat. Perputaran uang cenderung terjadi dikalangan masyarakat lapisan atas, dikarenakan beberapa masyarakat menengah ke bawah belum mengenal istilah, cara kerja, dan juga prosedur.
  • Ketidakstabilan kurs sangat mempengaruhi harga saham
    Harga saham dipengaruhi oleh pergerakan kurs. Nilai kurs yang tidak stabil membuat para investor menjadi takut untuk berinteraksi.
  • Tidak semua investasi menguntungkan
    Saat berinvestasi, seseorang pasti dihadapkan dengan situasi yang penuh risiko. Ada kalanya investasi menghasilkan keuntungan dan ada juga yang menimbulkan kerugian.

Jenis-Jenis Pasar Modal

Menurut waktu transaksinya, pasar modal dibedakan menjadi dua macam, yaitu pasar perdana dan pasar sekunder.

Pasar Perdana

Pasar Perdana merupakan pasar dimana surat berharga diperdagangkan untuk pertama kalinya ke masyarakat sebelum dicatat di bursa efek.

Pasar Sekunder

Pasar Sekunder merupakan kelanjutan dari pasar perdana, dimana saham diperjualbelikan secara bebas

Mekanisme Perdagangan Saham

Agar dapat bertransaksi di pasar modal, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti; Kartu Tanda Penduduk, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan formulir rekening dana nasabah (RDN).

Dalam mekanisme perdagangan, ada beberapa proses yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Proses Pelaksanaan Perdagangan di Bursa
  • Proses Pelaksanaan Perdagangan secara remote

Sistem perdagangan yang digunakan di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah Automated Trading System (JATS). Proses jual-beli saham dimulai dari investor kepada petugas perusahaan efek, kemudian petugas itu memasukkan pesanan ke sistem JATS.
Sebelum transaksi selesai, pesanan yang masuk ke JATS akan memperlihatkan harga yang muncul pada sistem JATS.
Pada tahap terakhir, sebelum investor memperoleh haknya berupa uang maupun saham dilakukan proses kliring dan transfer yang dilakukan oleh KPEI.
Nah itu dia penjelasan seputar apa itu pasar modal, jenis, dan mekanismenya. Buat kalian yang tertarik untuk menjadi salah satu investor, jangan sampai gegabah ya.