Mengenal pengertian dari apa itu pbv dalam saham

Apa itu PBV dalam Saham? Berikut Penjelasannya!

iYeay.com – Tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih saja yang belum paham tentang pengertian Price to Book Value (PBV) dalam dunia saham. Padahal istilah PBV akan sering dijumpai ketika Anda berinvestasi ke dalam instrumen saham.

Lalu, apa itu PBV dalam dunia saham? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Price to Book Value (PBV) dalam Dunia Saham

Price to Book Value (PBV) adalah rasio keuangan yang digunakan untuk menilai layak atau tidaknya suatu saham untuk dibeli. Jadi dalam dunia saham, peran PBV itu sangat penting sekali supaya investor tidak gagal dalam melakukan investasi hanya karena kesalahan perhitungan rasio keuangannya.

Seperti yang diketahui bahwa ketika Anda berinvestasi ke dalam saham, Anda harus memahami berbagai rasio keuangan agar Anda dapat menganalisis saham yang akan menjadi tempat investasi Anda. Jika tidak, maka ditakutkan bisa mengalami kerugian besar.

Pelajari Juga:

Mengenal Apa itu Per Saham untuk Investor Pemula

Tujuan Memahami Rasio Price to Book Value

Ada banyak hal menguntungkan dan menarik kenapa perlu memahami PBV dalam dunia saham lebih jauh. Di bawah ini adalah tujuan mempelajari rasio price to book value bagi pelaku investor saham, antara lain:

Mendapatkan Gambaran dari Perusahaan

Rasio PBV dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan nilai dari modal yang Anda investasikan. Jadi Anda bisa tahu seberapa untungnya bila Anda menanam saham pada perusahaan tersebut.

Bila dari awal sudah terlihat gambarannya, bahwa perusahaan tersebut tidak tepat, maka Anda bisa mengindarinya dari awal. Dengan begitu tidak akan mengalami kerugian karena tidak jadi melakukan investasi saham di perusahaan tersebut.

Melihat Kontribusi Pemegang Saham

PBV juga bertujuan untuk memperhitungkan harga saham yang ada saat ini dan melihat seberapa banyak kontribusi pemegang saham dalam pendanaan aset bersih dari suatu perusahaan. Sehingga Anda tahu seperti apakah harganya, apakah sedang fluktuatif atau tidak. Selain itu juga bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa aman melakukan penanaman saham di perusahaan tersebut.

Mengetahui Overvalued dan Undervalued

Dengan cara menghitung PBV, investor bisa melihat harga saham yang beredar di pasar saham saat ini sejalan dengan nilai buku perusahaan atau tidak. Bila dinilai tidak sejalan, maka pelaku saham bisa mengurungkan diri untuk menanam modal di perusahaan tersebut (untuk meminimalisir terjadinya kerugian karena salah melakukan investasi).

Nilai dari PBV juga bisa membantu Anda melihat saham yang berada pada kategori overvalued atau undervalued. Sehingga Anda bisa mengetahui harga saham yang ada saat ini lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai aset perusahaan.

Jika nilai rasio PBV dari suatu perusahaan mempunyai nilai kurang dari satu, maka harga sahamnya dikategorikan murah. Tinggi rendahnya rasio PBV ditentukan dengan membandingkan PBV dari saham lain atau PBV dari sektor/pasar yang sesuai.

Artikel Terkait:
Mengenal Apa Itu Stock Split Saham

Cara Menghitung PBV dalam Dunia Saham

Setelah Anda memahami fungsi dan tujuan PBV, hal yang selanjutnya adalah Anda harus pahami adalah cara menghitung PBV yang akan Anda gunakan untuk menganalisa saham yang ingin Anda beli.

Hal pertama yang harus diketahui adalah rumus menghitung PBV seperti di bawah ini:

Hitung Book Value per Share

Untuk mengetahui bagaimana cara menghitung PBV dalam dunia saham, maka Anda harus menghitung Book Value per Share (BVPS) terlebih dahulu. Sehingga dari sinilah Anda bisa menentukan dan menghitung seberapa peluang untung ruginya dalam melakukan investasi saham pada perusahaan tertentu.

BVPS merupakan jumlah nilai ekuitas yang dimiliki oleh setiap lembar saham yang ada di pasaran. BVPS akan menunjukkan besaran nilai yang akan diterima pada setiap lembar saham ketika terjadi likuidasi. Jadi dari sinilah Anda bisa tahu apakah saham yang dibeli itu aman atau tidak.

BVPS bisa membantu kita melihat apakah suatu saham masuk kategori undervalued atau tidak, dengan membandingkan nilai buku per saham dan nilai pasar per sahamnya. Jika nilai buku per saham lebih tinggi, maka suatu saham termasuk dalam kategori undervalued.

Perhatikan Rumusnya

Berikut ini rumus BVPS untuk menganalisis PBV Anda supaya tahu seperti apakah cara hitung PBV dalam dunia saham di bawah ini:

  • Rumus Book Value per Share = Nilai Ekuitas/Jumlah Saham yang Beredar
  • Book Value per Share = Nilai Ekuitas/Jumlah Saham Yang Beredar
  • Price to Book Value = Harga Pasar Saham/Book Value per Saham

Untuk mengetahui book value atau nilai buku dari suatu saham, Anda harus membagi nilai ekuitas dengan jumlah saham yang ada di pasaran. Informasi dan data tentang ini bisa didapatkan di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Demikian penjelasan tentang Pengertian PBV dalam dunia saham bagi pelaku investasi yang ingin mengenal lebih jauh seputar price to book value ini.