Cara beli saham blue chip dan keuntungannya

Mau Beli Saham Blue Chip? Berikut Cara Membeli dan Keuntungannya

iYeay.com – Bisa beli saham blue chip adalah hal yang sangat menarik. Itu karena saat ini saham blue chip mempunyai daya tariknya sendiri. Karena laba yang didapatkan dari investasi di saham ini terbilang stabil. Sehingga banyak investor yang memutuskan untuk menanam saham nya.

Berikut informasi lengkap tentang saham blue chip mulai dari pengertian saham blue chip, cara beli saham blue chip dan keuntungan beli saham blue chip. Sehingga Anda bisa tahu kenapa harus membeli sahamnya bila melihat dari segi kelebihannya.

Pengertian Saham Blue Chip

Menurut New York Stock Exchange, saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang mempunyai reputasi nasional, baik dari segi kualitas, kemampuan maupun keandalan dalam beroperasi yang dapat menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi dalam keadaan baik maupun buruk.

Saham blue chip juga bisa diartikan dengan saham lapis satu yang artinya pendorong utama Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), karena saham-saham yang berada pada first liner ini mempunyai market capitalization (kapitalisasi pasar) yang besar.

Ciri-ciri saham blue chip, yaitu mempunyai reputasi yang baik, mempunyai keuntungan perusahaan yang stabil, disiplin dalam mendiskusikan dividen dan menjadi emiten yang kuat di kelompok bidang industrinya. Terdapat 2 jenis saham blue chip, yaitu konvensional maupun syariah.

Postingan Terkait:
Tutorial Bagaimana Cara Membeli Saham Unilever

3 Cara Membeli Saham Blue Chip

Tentukan dulu saham blue chip konvensional atau syariah yang ingin Anda beli. Karena keduanya memiliki cara yang hampir sama, namun dengan perhitungan ketentuan yang berbeda. Jika sudah, barulah Anda membeli sahamnya dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Saham

Memilih saham yang akan dibeli adalah Langkah awal untuk beli saham blue chip. Jadi seperti yang disampaikan sebelumnya, Anda harus memilih dulu jenis saham yang akan dibeli. Apakah berbentuk konvensional, atau bisa juga berbentuk syariah.

Bila sudah, langsung saja masuk dalam software atau broker saham pilihan Anda. Sehingga dari situlah Anda bisa segera memilih jenis saham mana yang Anda inginkan dengan tepat. Jadi keuntungannya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

2. Buat Rekening Baru

Anda bisa membuat membuat rekening dari saham broker yang telah terdaftar. Jadi karena Anda memulai investasi ini untuk pertama kalinya, artinya Anda harus memiliki rekening dulu untuk melakukan transaksi. Caranya adalah dengan membuka rekening baru dulu dan kemudian mulailah bertransaksi.

Pelajari Juga:
Mengenal Apa itu Single Investor Identification (SID) Saham dan Fungsinya

3. Setor Dana dan Mulai Transaksinya

Sampai disini Anda bisa langsung menyetorkan dana dalam RDN untuk memulai investasinya. Setelah itu, Anda dapat melakukan transaksi dan bisa membeli saham blue chip dengan order ke aplikasi jual-beli saham. Dari sinilah Anda bisa memulai transaksi secara langsung untuk membeli atau bahkan menjual sahamnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keuntungan Membeli Saham Blue Chip

Ada banyak keuntungan yang bisa diterima bila Anda membeli saham blue chip ini di tempat yang tepat. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan bagi investor bila tertarik untuk membeli sahamnya blue chip, antara lain:

Risiko Likuiditas yang Rendah

Saham blue chip memiliki risiko kolaps yang lebih rendah. Karena mempunyai keuntungan dan harga yang cukup stabil, dibandingkan saham-saham yang mempunyai pergerakan harga saham yang lebih kecil kapitalisasinya. Sehingga cocok sekali untuk pemula yang tidak ingin melakukan investasi dengan resiko tinggi.

Fundamental yang Baik

Perusahaan yang termasuk dalam kategori saham blue chip tentu dikelola orang-orang expert dan memiliki etos kerja sangat tinggi. Hal tersebut yang menjadikan fundamental perusahaan terbilang baik. Sehingga Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman karena terhindar dari masalah kolaps Ketika melakukan investasi disini.

Harga yang Stabil

Saham blue chip mempunyai kapitalisasi pasar dan harga saham yang besar. Hal itu yang menjadikan harga saham blue chip tidak mudah naik dan turun dengan jangka waktu yang singkat. Keuntungan ini menjadikan harga saham blue chip membutuhkan jangka yang lama untuk naik dan turun dengan jumlah tinggi.

Pembagian Dividen dengan Konsisten

Saham yang termasuk kategori blue chip bisa memberikan laba perusahaan dalam jangka waktu 10 tahun dengan konsisten untuk para investornya. Itu artinya melakukan investasi disini sangat menguntungkan. Karena bisa memberikan keuntungan investasi jangka panjang secara konsisten setiap saat.

Jadi seperti itulah penjelasan tentang pengertian saham blue chip, cara beli saham blue chip dan keuntungannya. Dengan membaca beberapa ulasan di atas, diharapkan ini bisa dijadikan sebagai sumber referensi yang terbaik untuk membantu Anda bila ingin beli saham blue chip secara online.