Keuntungan membeli saham di luar negeri

Inilah Keuntungan Membeli Saham di Luar Negeri

iYeay.com – Ada banyak keuntungan ketika membeli saham di luar negeri daripada membeli saham di dalam negeri. Itulah kenapa bagi pemain besar biasanya sering melakukannya. Jadi bagi investor atau pemain trading expert, tidak hanya pasar dalam negeri saja yang menarik namun juga luar negeri. Banyak trader dalam negeri memilih membeli saham di luar negeri karena berbagai keutamaan.

Investasi seolah tidak ada batasan. Anda bisa ikut meramaikan pasar saham di bursa internasional untuk menambah portofolio. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para investor dengan pertimbangan matang. Karena mereka menyadari bahwa dengan melakukannya bisa mendatangkan keuntungan yang lebih banyak.

Alasan Beli Saham di Luar Negeri

Pasar investasi luar negeri memiliki daya tarik tersendiri. Namun sebaiknya sebelum Anda membeli gali dulu apa alasan para investor membeli saham jika dilihat dari keuntungan membeli saham di luar negeri. Sehingga Anda bisa membuat pertimbangan yang matang terkait dengan pembelian saham di luar negeri tersebut.

Berikut beberapa diantaranya:

Potensi Besar

Banyak investor melihat bahwa pasar luar negeri memiliki potensi yang sangat besar. Disinilah Anda berpeluang bisa memiliki saham perusahaan bertaraf internasional di kelas global dengan melakukan investasi di pasar internasional ini.

Contohnya, McDonald, Starbucks, Nike, Johnson & Johnson dan banyak lagi. Banyak orang kaya suka mengambil resiko dengan membeli saham di luar negeri karena bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas jangkauannya.

Tentu ini akan meningkatkan kualitas portofolio saham Anda sekaligus gengsi. Potensi keuntungannya juga tidak main-main. Mengingat perusahaan internasional tersebut memiliki cabang di berbagai Negara di dunia. Hal ini bisa menimbulkan rasa kepercayaan diri yang tinggi sendiri bagi pelaku bisnis tersebut.

Dan bukan hanya bermain di pasaran Amerika saja, terbuka kesempatan luas untuk ikut meramaikan pasar saham di berbagai benua lainnya. Hal ini sekaligus akan memperkaya pengalaman Anda. Maka dari itu bila Anda ingin tahu seperti apakah keuntungan membeli saham di luar negeri, cobalah untuk membeli saham dari luar negeri tersebut.

Diversifikasi Portfolio

Dengan membeli dari berbagai negara, Anda memiliki kesempatan diversifikasi portofolio di pasar global. Hal ini penting dalam menghadapi ketidakpastian situasi ekonomi dunia saat ini. Sehingga saat dunia sedang mengalami inflasi pada pasar modal, Anda tidak bingung menghadapinya. Karena sudah siap lebih dulu.

Cara diverifikasi paling tepat adalah mengikuti ukuran market capitalization bursa suatu negara. Negara yang memiliki market cap bursa paling besar menjadi tempat dimana investor menempatkan dana paling besar. Sehingga Ketika Anda memilih negara yang tepat untuk melakukan pembelian saham, otomatis keuntungan yang diterima juga menjadi lebih besar lagi.

Mengapa demikian, sebab dengan berinvestasi berdasarkan market cap, investor menempatkan dananya pada saham paling dengan kualitas terbaik. Tentu saja ini lebih aman, potensi keuntungannya juga menjanjikan.

Pelajari Juga:
Cara Mencari Saham Undervalue untuk Investasi Jangka Panjang

Keuntungan Membeli Saham di Luar Negeri

Selain alasan di atas, membeli saham luar negeri juga mendatangkan berbagai keuntungan. Setidaknya Anda akan mendapatkan beberapa hal berikut ini apabila membeli dengan pertimbangan tepat.

Berikut keuntungan membeli saham di luar negeri, antara lain:

Banyak Pilihan Produk

Bursa internasional menawarkan banyak produk, mulai dari, ETF, indeks, bond serta derivatif seperti option. Variasi instrumen sangat menguntungkan bagi investor karena bisa memilih produk sesuai kebutuhan.

Selain juga bisa melakukan diversifikasi lebih optimal karena portfolio dibangun dari beragam instrumen. Contoh, pasar Amerika menawarkan bermacam ETF – Exchange Traded Fund. Dimana instrumen ini memberikan berinvestasi dengan modal kecil.

Ada Komisi Fee Gratis

Trend yang ada di broker Wall Street adalah gratis fee komisi transaksi atau nol biaya transaksinya.Kebijakan zero commission sangat menguntungkan investor ritel, yang biasanya membeli dalam jumlah relatif kecil. Sehingga hal tersebut sering dijadikan sebagai salah satu keuntungan membeli saham di luar negeri yang mulai dirilik oleh banyak investor saat ini.

Bisa Membeli 1 Saham Saja

Minimum pembelian saham yang bisa dilakukan di New York Stock Exchange (NYSE) atau biasa disebut dengan  istilah Nasdaq adalah 1 lembar saham. Berbeda dengan Bursa Efek Indonesia, dimana minimum pembeliannya adalah 100 lembar. Sehingga membeli saham di luar negeri itu lebih ringan dan sederhana daripada membeli lemar saham di Tanah Air.

Melihat fenomena saat ini dimana semakin banyak investor melirik pasar luar negeri sangat masuk akal. Sebab memang keuntungan membeli saham di luar negeri sangat berpihak kepada investor. Sehingga tidak heran bila banyak pebisnis besar lebih suka melakukan pembelian saham di luar negeri daripada di dalam negeri.