Pengaruh IHSG terhadap Harga Saham di Indonesia

Pengaruh IHSG terhadap Harga Saham di Indonesia

iYeay.com – Seperti apakah pengaruh IHSG terhadap harga saham di Indonesia? Sebagai investor saham yang sudah senior pasti sangat akrab dengan IHSG (Index Harga Saham Gabungan). Ini adalah fasilitas yang diberikan dari BEI untuk mempermudah penyajian data.

Mengenal Index Harga Saham Gabungan (IHSG) Lebih Jauh

Untuk mengenal seperti apakah indeks harga saham gabungan lebih jauh, sebaiknya kenali dulu pengertiannya. Barulah setelah memahaminya, cari tahu cara kerjanya. Sehingga Anda bisa memahami seperti apakah pengaruhnya terhadap harga sahamnya.

Definisi IHSG

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan adalah sarana untuk mengukur kinerja saham di papan utama dan pengembangan BEI. Papan utama dalam indeks ditujukan kepada emiten berukuran besar dan punya rekam jejak cukup panjang.  Sehingga bagi investor yang memiliki daya pikir tinggi bisa menjadikan rekam jejak ini sebagai acuan untuk melakukan investasi jangka Panjang di Bursa Indonesia.

Sementara papan pengembangan diperuntukkan bagi perusahaan yang belum masuk papan utama, memiliki prospek berkembang, tetapi belum mendapatkan keuntungan. Papan pengembangan juga diperuntukkan bagi perusahaan yang sedang dalam masa penyehatan.

Cara Kerja dan Pengaruh IHSG dengan Harga Saham

Dilihat secara visual indeks merupakan statistik ringkas yang disusun BEI guna menunjukkan data pergerakan rata-rata seluruh saham dalam satu atau beberapa grafik. Indeks harga saham, memudahkan masyarakat dan pelaku pasar modal melihat kondisi pasar modal BEI secara real time, tanpa harus menganalisis satu per satu.

Pengaruh IHSG terhadap harga saham di Indonesia cukup besar.  Menjadi acuan yang digunakan BEI sebagai indikator pergerakan harga. Pergerakan indeks menjadi cerminan, apakah kondisi pasar sedang aktif atau lesu.

Cara Kerja IHSG juga dapat dilihat dari posisi grafiknya yang naik turun. Kinerja ini dipengaruhi oleh kondisi perekonomian, pemberitaan media, faktor internal, serta faktor eksternal perusahaan. Jadi sebagai investor harus memahami seperti apakah kondisi perekonomian saat ini dan bagaimana faktor eksternal pendukungnya. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa untungnya bila menanam saham pada hari ini.

Pelajari Juga:
Kenali Apa itu Indeks Saham dan Fungsinya Bagi Para Investor

Pengaruh IHSG terhadap Harga Saham di Indonesia

Pengaruh IHSG terhadap harga saham cukup besar, mengingat fungsinya yang cukup penting seperti berikut ini. Maka akan lebih baik bila Anda mempelajari pengaruhnya di bawah ini. Sehingga Anda tahu bagaimana perannya terhadap harga saham saat ini di Indonesia. Berikut penjelasannya lebih jauh!

Penanda Pergerakan Pasar

Sebagai patokan terpercaya untuk melihat kondisi terkini. Apabila naik, artinya rata-rata harga di bursa mengalami kenaikan. Apabila turun, artinya terjadi penurunan. Namun ini adalah rata-rata ada juga saham naik saat indeks sedang turun. Jadi Anda bisa melihat pengaruh IHSG terhadap harga saham di Indonesia ini melihat dari kondisi yang sedang terjadi saat ini. Sehingga Anda tahu berapa besar rata-rata harga saham pada bursa saham saat ini.

Tolak Ukur Portofolio Investasi

Sebagai tolak ukur pertumbuhan portofolio investasi. Misalnya Anda sudah berinvestasi selama 5 tahun dan kinerja IHSG 70%. Jika pertumbuhan aset kurang dari angka pertumbuhan indeks acuan selama 5 tahun, artinya portofolio investasi Anda perlu dievaluasi. Jadi Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan investasi saham.

Melihat Perkembangan Ekonomi

IHSG menjadi indikator penting dalam pengambilan keputusan investasi, baik untuk investor maupun manajer investasi. Turunnya harga adalah momentum emas untuk menambah portofolio, sebaliknya saat terjadi kenaikan merupakan opsi menarik untuk menjual aset.

Ada banyak sarana yang bisa digunakan untuk membantu mengelola investasi saat memutuskan akan melantai di bursa investasi. Termasuk peran IHSG terhadap harga saham di Indonesia yang merupakan sumber informasi data.