Mengenal apa itu saham Gocap

Apa itu Saham Gocap? Kenali dan Pahami Resikonya

iYeay.com – Apa itu saham gocap? Tentu saja istilah ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Itu karena gocap sendiri adalah istilah Tionghoa untuk penyebutan uang nominal Rp.50. Apakah ada saham senilai ini? Pada kenyataannya memang ada, terkesan murah sekali bukan.

Tapi sebelum membeli Anda harus paham dulu karakteristik, keuntungan dan kekurangannya. Karena berkaitan langsung dengan uang, jangan sampai merugi karena kualitas emiten yang kurang kompeten dan sebagainya. Maka dari itu sebaiknya kenali dulu lebih jauh sebelum mengambil resikonya.

Mengenal Apa itu Saham Gocap?

Supaya bisa lebih mengenal jauh tentang saham gocap, maka akan kami kupas tentang pengertian dan beberapa hal yang mempengaruhi nilai (harga) saham tersebut. Sehingga Anda tahu bagaimana caranya mengambil langkah agar tetap untung Ketika berinvestasi saham gocap.

Berikut penjelasannya, antara lain:

Pengertian Saham Gocap

Saham gocap adalah saham seharga Rp50 per lembar. Ini merupakan batas paling bawah harga yang ditransaksikan Bursa Efek Indonesia. Jatuhnya nilai ke level ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti buruknya kinerja maupun karena kasus tertentu pada emiten.

Bisa juga dikarenakan oleh tekanan jual terlalu tinggi di pasar sehingga muncul sentimen negatif, baik pada sektor tersebut atau pasar secara umum. Penurunan harga tersebut akan membuat investor kesulitan dalam menjual.

Hal ini karena saham tersebut tak lagi likuid. Secara eksplisit, saham gocap bisa dikatakan sebagai saham bermasalah dilihat dari fundamentalnya. Buruknya kerja emiten menyebabkan harga jatuh sampai pada titik “gocap”.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Gocap

Faktor yang berpengaruh langsung pada jatuhnya nilai tersebut diantaranya adalah skandal intern. Seperti korupsi, pencucian uang dan keretakan antar investor didalamnya. Faktor lainnya adalah target perusahaan yang tidak dapat dicapai.

Performa emiten jadi buruk akibat dari target yang tidak tercapai tersebut. Hal ini akan memicu para investor untuk menjual rugi sahamnya. Lama-kelamaan nilainya akan semakin menurun apabila emiten tidak berusaha mempertahankan.

Pelajari Juga:
Mengenal Apa itu Lembar Saham (Shares)

Alasan Orang Membeli Saham Gocap

Dari penjelasan apa itu saham gocap bisa dilihat bahwa saham seperti ini cukup sulit untuk berkembang. Jika tidak ada perbaikan sama sekali sampai periode dua tahun maka Bursa Efek Indonesia memiliki kewenangan untuk menghapusnya dari daftar bursa.

Namun mengapa masih ada saja orang yang mau membelinya. Ada dua alasan mengapa orang masing mau membeli dan berinvestasi dengan kondisi kurang menguntungkan tersebut.

Di bawah ini alasan kenapa orang memilih untuk membeli saham gocap, antara lain:

Investor Pemula

Biasanya pada level pemula belum begitu paham mengenai profil risiko dan lebih memilih harga murah. Dari segi investor pemula, membeli dengan harga Rp 50 per lembar bukan suatu hal sulit apalagi tujuan utamanya sebagai investasi jangka panjang.

Maka dari itu bila Anda memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam saham gocap. Karena setelah mengenal lebih jauh tentang apa itu saham gocap, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan investasi jangka panjang.

Karena semakin Anda bersantai dan lama menanam uang disana, maka nilai uang yang akan didapatkan semakin besar. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi sebagian besar orang yang sedang berburu saham dan investasi jangka Panjang.

Terkait:
Daftar Saham GoCap Potensial (Rp 50)

Fundamental Emiten Dinilai Masih Baik

Biasanya bagi yang sudah paham, akan melihat dari berbagai sisi terlebih dahulu. Ada kalanya orang membeli karena menilai emiten masih memiliki fundamental baik meskipun ini sangat spekulatif. Namun tetap saja banyak orang menyukai hal yang seperti ini.

Padahal sebenarnya bila hal tersebut dipaksakan, maka resikonya cukup besar apabila tetap memaksa berinvestasi dengan kondisi seperti ini. Kurang cocok untuk pemula karena akan sulit mengelolanya. Lebih disarankan untuk investor yang menyukai resiko tinggi dan tantangan.

Cukup tricky untuk mencari emiten dengan fundamental masih bagus saat nilai per lembarnya saja anjlok. Dan perlu dipahami bahwa akan cukup sulit untuk menjual apa itu saham gocap di atas harga Rp 50 per lembar.