Cara membuat watchlist saham untuk investasi dan trading

Cara Membuat Watchlist Saham untuk Investasi dan Trading

iYeay.com – Bagaimana cara Anda membuat watchlist saham merupakan bagian penting dari sebuah analisa. Para trader expert maupun pemula harus memiliki watch list pribadi agar bisa menciptakan trading yang menguntungkan. Jika tidak, bukannya tidak mungkin bila Anda hanya akan mengalami kerugian secara terus-menerus.

Sebagian trader hanya fokus memikirkan strategi mendapatkan profit yang besar. Padahal dengan memiliki watchlist, bisa sebagai senjata utama dalam meraih profit saham tersebut. Maka dari itu diperlukan pemahaman lebih jauh tentang bagaimana cara membuat watchlist saham yang benar supaya tetap untung dalam mengeluarkan modal saham.

Mengapa Anda Perlu Watch list Saham?

Sebelum mempelajari cara membuat daftar pembelian saham atau watchlist, terlebih dulu perlu diketahui apa maksudnya. Watchlist saham adalah daftar perusahaan yang telah dianalisis serta memenuhi kriteria tertentu. Jadi dengan adanya watchlist ini bisa meminimalisir dampak kerugian yang bisa saja terjadi karena ketidaktahuan terkait penanaman modal saham pada suatu perusahaan.

Perusahaan tersebut memiliki saham yang sangat ingin dibeli, tetapi terkendala karena harganya terlalu tinggi. Setiap investor memiliki gaya dan metode tersendiri dalam menyusun watchlist-nya dengan baik. Begitu pula dengan Anda. Anda harus memiliki style sendiri dalam melakukan trading online supaya Anda tahu seperti apa yang Anda inginkan.

Menyusun sebuah daftar pembelian adalah bagian penting untuk meraih kesuksesan bagi para investor saham. Mengapa ini penting? Sebab di lantai bursa akan ada banyak sekali perusahaan berkelas dan menjanjikan. Tetapi apakah semuanya ideal untuk dibeli? Tentu hal ini harus disesuaikan dengan berbagai pertimbangan. Misalnya berdasarkan fundamental perusahaan, track record, serta tentu saja kemampuan dalam membeli.

Untuk itu sangat penting memahami bagaimana membuat skala prioritas dalam pembelianyang baik sebagai acuan. Sehingga Anda tidak tergiur dengan membeli hanya berdasarkan ajakan teman atau rumor sesaat yang beredar.

Pelajari Juga:
Kenali Apa itu Tabungan Saham

Cara Membuat Watchlist Saham dengan Mudah

Membuat suatu daftar untuk pembelian saham tidak sulit. Anda bisa menggunakan metode manual dengan menulis pada sebuah buku catatan atau menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang lebih mudah.

Berikut penjelasannya tentang bagaimana cara membuat watchlist saham yang benar, antara lain:

Membuat Watchlist secara Manual

Buat daftar antara 6 sampai 10 perusahaan unggulan. Menentukannya bisa berdasarkan popularitas dan nama baiknya. Jika masih pemula, Anda bisa mengikuti rekomendasi dari publikasi online atau sumber terpercaya lainnya.

Nantinya Anda bisa membeli saat sinyal buy sudah menunjukkan kondisi bagus. Contoh daftarnya adalah BBRI, TLKM, PWON, PGAS, BMRI, SIDO, ICBP. Saat membeli bisa diurutkan sesuai prioritas. Jadi dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak Ketika menggunakan cara membuat watchlist saham tersebut.

Cara Membuat Watchlist Saham Menggunakan Ms. Excel

Pertama, cobalah untuk membuka Microsoft Excel pada computer Anda/ laptop Anda. Lalu, masukkan menu insert, pilih Get Add-ins. Cari add-ins, pilih nama stock connector lalu pilih add. Setelah add ins terinstal, silahkan klik launch. Dengan memilih launch, artinya Anda bisa langsung melihat pergerakan saham dari sini.

Sampai disini bila sudah muncul stock connector, masukkan kode emiten saham pada kotak Enter a stock or currency. Misalnya ingin memasukkan saham BCA, maka ketik kode –IJ. Akhiran –IJ maksudnya untuk membedakan kode emiten pada kondisi saham yang sama. Dengan memahami cara membuat watchlist saham ini, ditujukan supaya Anda bisa membaca kode/ istilah yang sering digunakan dalam melakukan trading secara online.

Setelah ketik BBCA-IJ, klik connect lalu lanjut pada kotak dialog pilihan cell di sebelah mana trader akan meletakkan sahamnya. Jika ingin diletakkan pada B3, cukup klik memakai Cursor Mouse pada posisi Cell yang dimaksud. Sehingga Anda bisa melihat langsung bagaimana cara trading menggunakan apk tersebut.

Pelajari Juga:
Dasar-Dasar Trading Saham

Lebih praktis lagi menggunakan aplikasi trading, namun bagi pemula kedua cara di atas sudah cukup membantu. Anda sudah memiliki daftar emiten mana yang potensial mendatangkan keuntungan. Jadi seperti itulah beberapa cara membuat watchlist saham yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi terbaik/ acuan Ketika ingin menggunakan apk trading online.