Dasar dasar trading saham yang harus anda ketahui

Penting! Dasar-Dasar Trading Saham yang Harus Anda Ketahui

iYeay.com – Memahami dasar-dasar trading saham itu penting bagi pelaku saham (investor) supaya tidak mengalami kegagalan investasi. Karena meski terlihat sepele, namun ternyata dasar inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai pondasi Ketika ingin memulai sebuah investasi saham.

Saham itu sendiri merupakan salah satu produk yang dijual di pasar modal. Saham juga memiliki peluang yang besar untuk mendapat keuntungan sehingga menarik minat investor. Akan tetapi jika Anda adalah seorang pemula perlu mengetahui dasar-dasar trading saham yang benar.

Pengertian Trading Saham

Sebelum memahami tentang dasar trading saham, sebaiknya kenali dulu apa yang dimaksud dengan trading saham dengan benar. Karena ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara membedakan antara investasi saham dengan trading saham.

Meski keduanya sama-sama menggunakan kata saham, ternyata konsep keduanya sangat berbeda sekali. Trading saham itu merupakan aktivitas jual beli saham pada waktu tertentu dan biasanya waktunya singkat.

Sedangkan investasi saham itu adalah aktivitas menabung. Jadi dalam melakukan investasi saham ini tujuannya adalah supaya bisa mendapat untung dari pembelian saham pada waktu yang lama. Sehingga hal ini sering disebut sebagai investasi jangka Panjang.

Dalam melakukan kegiatan trading saham, Anda harus melakukan aktivitas dasar-dasar trading saham mulai dari kegiatan transaksi jual beli dengan fluktuasi harga yang tidak tetap. Jadi Anda harus bisa menentukan keputusan dengan baik supaya untung (capital gain), khususnya saat harga saham sedang naik (bagus).

Alasan mengapa orang memilih trading saham adalah adalah karena lebih cepat mendapatkan keuntungan. Adapun orang yang melakukan trading saham disebut sebagai trader. Di bawah ini dasar trading saham yang penting diketahui oleh pemula.

Artikel yang Berkaitan dengan Trading:
Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading

Dasar-Dasar Trading yang Harus Diketahui

Sebagai seorang trader pemula tentu harus mengetahui bagaimana ilmu dasar dari dasar-dasar trading saham agar tidak mengalami banyak kerugian. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai trading saham dilihat dari dasar-dasarnya, antara lain:

Pelajari Tentang Saham

Langkah pertama adalah dengan mempelajari tentang saham. Anda perlu tahu apa saja risiko, jenis saham, dan cara mendapatkan keuntungan. Selain itu Anda juga perlu untuk mempelajari singkatan dalam dunia trading saham. Karena ada banyak istilah yang digunakan dalam dunia trading saham ini. Jadi investor wajib tahu apa saja maksud dari setiap istilah yang digunakan supaya tidak salah Langkah.

Pelajari Juga:
Cara Trading dengan Modal hanya 50 Ribu

Mulai Memilih Perusahaan Sekuritas

Tidak usah terburu-buru saat belajar mengenai trading saham agar Anda tidak salah langkah. Setelah merasa mengerti dan sudah siap untuk main saham Anda bisa memilih perusahaan sekuritas berdasarkan dasar-dasar trading saham yang sudah dipelajari sebelumnya.

Perusahaan sekuritas disebut sebagai broker saham yang berperan sebagai perantara jual beli saham. Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih perusahaan sekuritas. Carilah perusahaan yang menyediakan trading saham dan persentasenya rendah.

Membuka Rekening dan Memilih Periode Trading

Langkah ketiga adalah dengan membuat rekening khusus untuk trading saham. Anda bisa mengisi formulir secara online di perusahaan sekuritas yang sudah dipilih. Namun biasanya Anda juga akan disuruh datang langsung ke perusahaan cabangnya.

Kemudian setelah membuat rekening Anda bisa memilih periode trading yang diinginkan. Agar lebih mudah mendapatkan keuntungan Anda bisa memilih trading saham yang jangkanya pendek. Akan tetapi kekurangannya adalah resiko kerugiannya lebih besar.

Artikel Terkait:
Aplikasi Trading Tanpa Modal

Menentukan Anggaran Untuk Trading Saham

Setelah memilih periode dan membuat rekening Anda perlu menentukan anggaran trading saham. Menentukan anggaran akan memudahkan trader untuk menghitung keuntungan yang didapatkan. Setelah itu Anda bisa mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya.

Sebaiknya tidak menggunakan 10% tabungan pribadi karena Anda bisa mengalami kerugian. Anda bisa menginvestasikan uang yang sudah diperhitungkan dengan matang sehingga jika mengalami kerugian Anda tidak akan kehilangan banyak uang.

Selain itu Anda juga tidak diperkenankan untuk menggunakan uang yang sudah disisihkan buat keperluan sehari-hari, uang sekolah anak, dan pembayaran cicilan. Itulah mengapa penting untuk memperhitungkan anggaran.

Mempelajari Saham yang Diperdagangkan

Terakhir adalah dengan mempelajari saham yang diperdagangkan. Misalnya Anda memutuskan untuk berinvestasi pada saham individu, maka lakukan analisis keuangan dan bandingkan kinerja dengan perusahaan kompetitornya. Hal ini sangat memerlukan ketelitian.

Beberapa dasar-dasar trading sahamdi atas adalah hal penting yang perlu Anda ketahui. Hal ini bermanfaat agar Anda tidak mengalami kerugian. Jika masih bingung Anda juga bisa langsung belajar dari ahlinya.