Penjelasan cara hidup dari dividen saham

Cara Hidup dari Dividen Saham? Ini Penjelasannya!

iYeay.com – Bisakah kita hidup dari dividen saham? Banyak orang bertanya-tanya tentang hal ini. Karena mungkin mereka tidak tahu apa yang dimaksud dengan dividen lebih jauh. Maka dari itu supaya Anda tahu bagaimana cara kerjanya dan bisakah digunakan untuk hidup, kenali dulu pengertian dari dividen itu sendiri lebih jauh.

Pengertian Dividen Saham

Dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada para pemegang saham berdasarkan persentase yang dimiliki. Dividen diberikan setelah ada persetujuan dari para pemegang saham dalam RUPS. Jadi pembagian keuntungan ini dihitung secara nyata dan jelas atas kesepakatan Bersama supaya tidak ada miss communication.

Keuntungan ini ada beberapa macam, yaitu Dividen tunai, saham atau stock dividend, barang atau property dividend, utang dan liquidating. Mengingat saham merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang, bisakah seorang investor hidup mengandalkan dari dividen?

Artikel Terkait:
Penjelasan Bagaimana Pembagian Dividen Saham

Apakah Mungkin Hidup dari Dividen Saham?

Jika dilihat dari potensi pendapatannya, maka jawaban dari pertanyaan hidup dari dividen saham itu  tentu saja bisa. Setiap investor akan mendapatkan pembagian laba dari emiten. Ini bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan pasif dimana Anda tidak perlu lagi bekerja namun uang datang kepada Anda.

Tetapi harus diingat bahwa pembagian laba atau keuntungan dari perusahaan ini dilakukan hanya satu kali dalam setahun dan biasanya terjadwal. Untuk itu harus dapat diperhitungkan apakah sesuai dengan kebutuhan hidup selama satu tahun tersebut.

Apabila Anda menginginkan jumlah yang besar untuk menutup biaya hidup selama satu tahun misalnya, maka diperlukan modal besar pula. Dalam hal ini, uang yang Anda investasikan harus dipersiapkan dengan matang.

Selain mempersiapkan modal, pemilihan saham dari perusahaan sehat juga penting. Biasanya harganya lebih mahal. Maka harus diperhitungkan dengan bijak terlebih dahulu berapa perkiraan yang ingin didapat untuk menutup biaya hidup.

Pelajari Juga:
Apa itu Tabungan Saham

Cara Supaya Bisa Hidup Sejahtera dari Dividen Saham

Keuntungan dari investasi jangka panjang bisa dijadikan sebagai penopang kebutuhan ekonomi apabila sebelumnya dianalisis dengan tepat.

Berikut adalah cara supaya deviden bisa jadi sumber pendapatan untuk mencukupi kebutuhan hidup, antara lain:

Perhatikan Kinerja Historis

Setiap saham pasti punya history atau riwayat masa lalu. Paling aman adalah memilih yang historisnya positif. Sehingga prediksi masa depan akan jadi lebih baik dapat mudah untuk diwujudkan. Untuk itu jangan pernah terburu-buru ketika ingin melakukan investasi saham tanpa melihat dari rekam jejaknya terlebih dahulu.

Karena bila Anda tidak mengenal bagaimana speak terjang dan rekam jejaknya, ditakutkan modal yang sudah Anda tanam tersebut berakhir dengan sia-sia dan rugi banyak. Maka dari itu Anda harus melihat banyak review dulu dari beberapa pihak yang pernah melakukan investasi di tempat (perusahaan) tersebut.

Investasi untuk Jangka Panjang

Harga saham sangat fluktuatif dalam jangka pendek sehingga memberikan imbal hasil kurang optimal. Bisa jadi hasilnya kurang signifikan, tetapi dalam jangka panjang cukup menjanjikan. Jadi harus disikapi bahwa keuntungan diperoleh dalam jangka Panjang.

Caranya adalah dengan tidak pernah menanam saham bila bukan dari uang dingin. Karena sifatnya jangka Panjang, jadi jangan pernah menggunakan uang yang masih digunakan untuk berinvestasi supaya tidak berbuntut masalah ke depannya.

Tepatlah dalam Memilih Emiten

Perlu dipastikan bahwa emiten bersangkutan membayar dividen secara konsisten. Pemantauannya bisa dilakukan dengan memperhatikan IDX High Dividend 20. Ini mengukur kinerja 20 saham yang telah membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir.

Saham dalam daftar ini dipastikan memiliki dividend yield yang tinggi. Jadi pilihlah yang track recordnya bagus dan termasuk blue chip karena berasal dari perusahaan yang keuangannya prima.

Diversifikasi

Penting juga melakukan diversifikasi, sebab pembagian keuntungan bisa saja sifatnya tidak pasti. Sehingga Anda tidak hanya fokus mengharap dari satu sumber pendapatan saja, melainkan ada cadangan lain.

Sangat disarankan juga supaya investor memahami teknis dividen, baik pembagian maupun analisisnya. Ini adalah hal yang sangat penting supaya dapat hidup dari dividen saham secara lebih pasti karena keuntungannya sudah terlihat jelas.