Memilih investasi emas atau reksadana

Pilih Investasi Emas atau Reksadana? Baca Ini!

iYeay.com – Investasi emas atau reksadana merupakan 2 jenis investasi dengan tingkat risiko rendah, namun memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan.

Bagi Anda yang telah memiliki kedua investasi ini, pasti memahami kelebihan dan kekurangannya. Tetapi bagi Anda yang baru terjun di dunia investasi, hal ini mungkin masih menjadi pertanyaan, apakah harus memilih investasi emas atau reksa dana? Tak perlu bingung, baca informasi berikut ini.

Sekilas Mengenai Investasi Emas

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin melakukan investasi emas. Sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan sebelum memilih yang terbaik antara investasi emas atau reksadana.

Berikut penjelasannya:

Hindari Berinvestasi Emas Perhiasan

Jika Anda hanya ingin berinvestasi emas, sebaiknya tidak dalam bentuk perhiasan. Beberapa orang beranggapan jika membeli emas berbentuk perhiasan, harganya juga akan naik ketika harga emas naik. Perlu diketahui, emas perhiasan kurang cocok untuk diinvestasikan, karena ada komponen biaya pembuatan ketika dijual dan dibeli.

Toko emas juga tidak sekedar menghitung kadar dan beratnya saja, namun juga biaya pembuatannya. Jadi, semakin rumit bentuk emas, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan. Untuk meminimalisir risiko, sehingga tidak mendapatkan emas yang berkualitas rendah, sebaiknya Anda membeli atau menjual emas dengan standar Logam Mulia (ML) yang kadar kemurniannya 99,99%.

Belilah di PT/ Toko Emas/ Pegadaian yang Dapat Dipercaya

Sebaiknya Anda membeli dan mendapatkannya langsung di PT. ANTAM (Aneka Tambang), Pegadaian atau toko emas yang kredibel. Sehingga Anda bisa mendapat produk yang benar-benar berkualitas.

Berikut ini adalah keuntungan investasi emas:

  • Mudah dicairkan.
  • Dapat dijadikan jaminan.
  • Bisa dilakukan dengan mudah dan murah.
  • Harga emas relatif stabil dan selalu naik dari tahun ke tahun.
  • Risiko lebih minim.

Pelajari Juga:
Investasi Emas vs Investasi Deposito, Mana Lebih Untung?

Sekilas Mengenai Investasi Reksadana

Reksa dana adalah wadah pengelolaan dana atau modal bagi para investor untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal, dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Dalam investasi reksa dana ada prinsip high riskhigh return (semakin besar risiko, semakin tinggi imbalannya), dan reksa dana saham memiliki risiko besar dengan peluang timbal balik yang besar pula.

Berikut ini keuntungan dari investasi reksa dana:

  • Hasil dari investasi reksa dana secara umum lebih tinggi dibandingkan emas.
  • Bisa dilakukan dengan modal minim.
  • Bisa didiversifikasikan.
  • Tidak memerlukan biaya penyimpanan.
  • Bisa dilakukan secara online.
  • Relatif aman dari risiko pemalsuan.

Pelajari Saham:
Bagaimana Cara Investasi Saham Untuk Pemula?

Lalu, Pilih Investasi Emas atau Reksadana?

Pada dasarnya, investasi emas ataupun reksadana dapat memberikan keuntungan jika Anda pandai mengelolanya. Investasi emas atau reksa dana bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang. Jadi cocok sekali untuk para investor yang memiliki dana lebih tidak terpakai. Karena sifatnya cukup lama untungnya.

Hanya saja bila Anda mau bersabar, maka investasi emas atau reksadana ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar dalam jangka panjang. Sementara itu, untuk investasi jangka pendeknya, Anda dapat memilih reksa dana yang rendah risiko, yaitu jenis reksa dana pasar uang. Anda juga bisa memilih investasi emas yang bertujuan untuk dana darurat, karena emas bisa dijual kapan saja dan harganya cenderung meningkat.

Demikian pembahasan kali ini. Semoga Anda sudah bisa menentukan, ingin investasi emas atau reksadana. Pilihlah investasi yang paling menguntungkan bagi Anda. Sehingga Anda bisa memilih jenis usaha yang paling sesuai dengan modal yang Anda miliki saat ini.