Pilih investasi emas vs deposito mana yang lebih untung

Investasi Emas vs Deposito, Mana Lebih Untung?

iYeay.com – Berbicara tentang investasi emas vs deposito, tentunya ini sangat menarik sekali. Karena keduanya disebut sebagai salah satu bisnis yang selalu ramai di kancah dunia investor di dunia. Maka dari itu ada banyak orang selalu mencari tahu soal keduanya dengan baik.

Banyak jenis investasi yang berkembang saat ini. Dari berbagai jenis investasi emas dan deposito adalah jenis investasi yang sangat populer.

Berikut ini informasi tentang investasi emas vs deposito, manakah yang lebih menguntungkan?

Penjelasan Investasi Emas dan Deposito

Supaya lebih mengenal jauh tentang keduanya, sebaiknya simak sedikit penjelasan di bawah ini. Sehingga Anda bisa mengetahui seperti apakah investasi tersebut dengan baik sebelum akhirnya mengeluarkan dana untuk modal investasi.

Berikut penjelasannya, antara lain:

Investasi Emas

Emas atau logam mulia adalah jenis investasi likuid yang populer. Kini, emas tidak hanya berbentuk fisik, namun juga digital atau dalam bentuk trading. Emas dapat diperjual-belikan dengan mudah ketika kita membutuhkan uang, terutama ketika harganya sedang naik.

Fluktuasi harga emas batangan terbilang cenderung konsisten. Sehingga, jika harga emas batangan mengalami penurunan, resiko untuk mengalami kerugian kemungkinan lebih rendah. Hal tersebut karena emas batangan dilengkapi sertifikat, dan itu akan memudahkan Anda ketika menjualnya bahkan di luar negeri.

Berikut ini merupakan keuntungan dari investasi emas, diantaranya:

  • Emas umumnya likuid, dan tak mudah terpengaruh inflasi.
  • Emas atau logam mulia memiliki harga yang cukup stabil, bahkan naik.
  • Emas adalah barang yang tak mudah rusak dan mudah disimpan. Anda bisa menyimpan emas di bank untuk lebih aman.

Investasi Deposito

Deposito adalah investasi dengan cara menanam dana pada suatu bank, dengan keuntungan bunga atau bagi hasil untuk bank syariah dalam jumlah tertentu. Deposito juga jenis investasi yang bisa dibilang paling aman karena deposito bank telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Berikut ini adalah keuntungan investasi deposito:

  • Investasi deposito termasuk jenis investasi yang minim risiko. Yang perlu dilakukan hanya menyimpan dana selama periode tertentu dan mendapatkan bunga yang sudah disepakati di awal. Bunga atau bagi hasil akan diberikan ketika jatuh tempo.
  • Bunga yang disediakan tetap sama hingga kapan pun. Dibandingkan tabungan biasa, deposito menyediakan keuntungan yang lebih besar. Dengan besarnya suku bunga yang diberikan, deposito dapat memberikan penghasilan pasif setiap beberapa bulan atau beberapa tahun sekali.
  • Deposito bisa diandalkan sebagai jaminan ketika membutuhkan uang. Karena tak bisa menggunakan tabungan yang sedang didepositokan, maka bank akan menawarkan layanan pinjaman sementara dalam kondisi darurat. Besaran pinjaman berkisar 60-90% dari deposito yang dimiliki.

Belajar Investasi Saham:
Mengenal Apa itu Saham Blue Chip Secara Lebih Dalam

Investasi Emas vs Deposito, Mana yang Harus Dipilih?

Setelah mengetahui beberapa karakteristik dari investasi emas dan deposito, bisa diambil kesimpulan untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.

Di bawah ini adalah kesimpulan tentang mana yang harus dipilih antara investasi emas vs deposito jika dilihat dari perbedaan dan persamaan keduanya, antara lain:

Likuiditas Investasi

Emas dan deposito mempunyai tingkat likuiditas yang berbeda. Jika Anda menginginkan investasi yang mudah dicairkan ketika membutuhkan dana, emas bisa menjadi pilihannya. Karena emas mudah dijadikan uang. Anda bisa menjualnya dimana saja kapanpun Anda membutuhkan uang. Misalnya di toko emas yang ada di jalanan dekat rumah Anda.

Proses Pembuatannya

Emas dan deposito adalah investasi yang mudah dibuat. Anda hanya cukup membuka tabungan deposito atau membeli emas di lembaga keuangan terkait. Jadi bila ditanya manakah yang harus dipilih? Semuanya Kembali pada kebutuhan masing-masing pihak dan minat setiap investor.

Terkait dengan Investasi:
Mengenal Apa itu Pasar Modal, Jenis, dan Mekanisme Transaksinya

Demikian penjelasan tentang investasi emas vs deposito. Pilihlah yang paling menguntungkan bagi Anda. Selain itu, cobalah pikirkan beberapa kali sebelum akhirnya Anda melakukan bisnis investasi pada salah satu jenis investasi yang telah dikupas di atas. Sehingga Anda bisa mendapat keuntungan seperti yang diharapkan.

Tags: Deposito