Cara membuat sistem bisnis supaya bisa autopilot

Cara Membuat Sistem Bisnis supaya Bisa Autopilot

Kategori: Bisnis

iYeay.com – Bagi pelaku usaha, sangat penting untuk menerapkan cara membuat sistem bisnis yang tepat. Tentu Anda tidak ingin selalu direpotkan dengan berbagai pekerjaan dalam bisnis bukan? Ada kalanya ingin sebuah sistem berjalan otomatis meski tidak selalu dipantau langsung.

Sistem atau manajemen kinerja yang baik dapat mendukung bisnis tumbuh berkembang. Ada cara mudah untuk membuat panduan yang berfungsi penuh. Di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya. Sehingga Anda tahu bagaimana caranya berbisnis dengan benar jika melihat dari segi system yang digunakan.

Membuat Sistem Bisnis dengan Memahami Sistem Kerja yang Efektif

Membuat sistem bisnis bisa dimulai dari pemahaman sistem itu sendiri. Dalam hal ini ada beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan. Sehingga Anda bisa mempelajari bagaimana sistem kerja paling efektif untuk membuat bisnis Anda lebih baik.

Baca Juga:
Keuntungan Bisnis Tour and Travel

Buat Rencana Kerja

Langkah pertama ini bisa disusun dalam sebuah SOP atau prosedur operasi standar. Adanya SOP akan menstandarisasi kinerja karyawan dengan biaya serendah mungkin. Didalamnya terdapat batasan, aturan serta langkah-langkah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Manajemen berkewajiban mengambil langkah-langkah yang jelas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana melaksanakan suatu tugas di masing-masing bagian. Tanpa hal ini, sebuah panduan kerja tidak beroperasi maksimal, karyawan akan membuang banyak waktu dan tenaga.

Itulah kenapa saat ini ada banyak pelaku bisnis membuat plan kerja terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis yang akan digelutinya. Dengan begitu, segala dampak kerugian besar yang bisa saja diakibatkan oleh bisnis yang akan dijalankan bisa diminimalisir sejak dini dari awal.

Membuat Sistem dengan Seleksi Personel

Pastikan calon karyawan memiliki kemampuan dan semangat di bidang yang dilamar. Maka penting untuk melakukan rangkaian seleksi mulai dari latar belakang akademis, pengalaman kerja, soft skill, kemampuan organisasi, keahlian khusus dan sebagainya. Anda bisa melihat contoh cara membuat sistem bisnis yang sempurna ini dari perusahaan besar yang ada saat ini.

Banyak perusahaan besar selalu menyeleksi personel atau calon karyawannya dengan sangat baik dan ketat. Tentu saja hal ini dilakukannya agar mereka tidak salah memilih orang untuk bergabung ke dalam timnya. Sehingga mereka bisa membangun tim kerja yang lebih solid dan sempurna untuk mengembangkan/ meningkatkan perusahaannya supaya menjadi lebih baik lagi.

Membangun Lingkungan Kerja Produktif

Cara membuat sebuah panduan kerja selanjutnya adalah membangun lingkungan produktif. Dari dukungan sistem efektif dan sumber daya manusia berkompetensi yang mampu bekerja mandiri, bisnis Anda akan berjalan secara autopilot.

Tetap diperlukan kompetisi dalam sebuah departemen agar menimbulkan semangat untuk lebih produktif. Namun harus tetap dalam batasan kolaborasi dan solidaritas sehat sehingga tidak menimbulkan gap. Untuk hal ini perlu didukung adanya pemantauan.

Terkait:
Yayasan Pemberi Modal Usaha

Membuat Sistem dengan Memahami Tahapan Pemantauan Sistem Kerja

Selain membuat panduan kerja yang efektif untuk diterapkan masing-masing bagian, Anda perlu memantau secara berkala. Apabila diperlukan nantinya bisa membuat perubahan yang memaksimalkan relevansi sistem terhadap target masing-masing bagian.

Di bawah ini adalah cara membuat sistem bisnis dengan memantau system kerja dari masing-masing pihak yang ikut andil di dalamnya, antara lain:

Siapkan Evaluasi Kinerja

Jika terdapat beberapa atau sebagian kecil karyawan jasa yang kurang produktif mungkin masalahnya ada pada SDM. Ini bisa dibantu penyelesaiannya oleh HRD beserta timnya untuk memberikan berbagai pembekalan, pelatihan dan sebagainya.

Tetapi jika ada lebih dari 30% karyawan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai target, bisa jadi ini merupakan kesalahan sistem. Anda harus segera melakukan evaluasi kinerja dan segala aturan yang telah ditetapkan.

Pelajari Juga:
Faktor Keberhasilan Peluang Usaha menurut Hendro

Lakukan Evaluasi secara Teratur

Pemeriksaan secara teratur efektif mencegah kerugian yang signifikan. Sebuah sistem tidak selalu sempurna, maka dilakukan pemeriksaan serta pemantauan untuk mengidentifikasi masalah sedini mungkin.

Evaluasi dilakukan dengan berbagai cara misalnya membuat kuesioner, meminta laporan hasil kerja dalam periode tertentu, wawancara langsung dengan karyawan. Hasil dari cara membuat sistem bisnis ini akan jadi dasar mengambil langkah paling tepat sebagai solusi.