Peluang usaha sepatu dan sandal modal kecil

Peluang Usaha Sepatu dan Sandal Modal Kecil Serta Strateginya

Kategori: Bisnis

iYeay.com – Peluang usaha sepatu dan sandal masih terbuka lebar saat ini. Bisnis fashion ini seakan-akan tidak akan pernah surut dan ada matinya. Selain itu, usaha ini tidak terpengaruh oleh perubahan kondisi ekonomi semua orang. Sebab setiap orang pasti membutuhkan alas kaki untuk berjalan kemana-mana.

Anda bisa memulai usaha ini dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun. Misalnya dengan cara menjadi reseller atau dropshiper. Jenis bisnis ini sudah sangat umum dilakukan dan banyak dilakukan oleh masyarakat modern untuk mendapatkan keuntungan.

Peluang Usaha Sepatu dan Sandal Harga Murah

Usaha sepatu juga sandal selalu memiliki pasar yang luas di kalangan semua orang. Mulai dari anak balita hingga orang tua. Semuanya membutuhkannya. Baik untuk menemani aktivitas sehari-hari maupun untuk acara khusus. Dari setiap fungsi yang banyak tersebut, hal ini akan jadi ide usaha yang sangat menjanjikan.

Sandal dan sepatu harian memiliki pasar dari semua kalangan. Berapapun usianya, apapun profesinya akan memerlukan perlindungan kaki yang satu ini. Bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari satu pasang untuk digunakan sehari-hari. Jadi ini bisa menjadi alasan kenapa peluang usaha sepatu dan sandal sangat terbuka lebar.

Sepatu maupun sandal memiliki fungsi berbeda, ini yang akan jadi segmen pasar. Contoh, pelajar memerlukan sandal harian untuk di rumah, kemudian sandal khusus untuk acara resmi keluarga dan sebagainya

Pelajar juga butuh sepatu sekolah khusus untuk upacara bendera, biasanya pantofel. Kemudian sepatu khusus olahraga, untuk keperluan kegiatan lain seperti main sepakbola, lari, sampai mendaki gunung. Jadi fungsinya ada banyak.

Dari satu segmen ini saja peluang usaha sepatu dan sandalsudah bisa terbaca. Banyak yang bisa ditawarkan selain itu pasti dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga lebih mudah dalam menjualnya secara langsung maupun online. Yang paling penting adalah persiapkan dulu strateginya supaya penjualannya berhasil dan sukses banyak.

Cara Efektif Jualan Sepatu dan Sandal

Setelah mengetahui besaran peluang usaha yang seperti ini, Anda juga harus paham seperti apa cara untuk memulainya. Berikut ini adalah langkah sederhana untuk mulai menjual produk fashion paling efektif supaya bisa menghasilkan uang, antara lain:

Mencari Supplier

Pertama yang perlu dilakukan untuk memulai peluang usaha sepatu sandal modal kecil adalah mencari supplier yang terpercaya. Minimal memiliki nama besar, sehingga bisa dipertanggung jawabkan produknya ketika Anda membelinya dalam jumlah banyak. Kemudian supplier tersebut juga harus memiliki harga produk yang terjangkau, sebab Anda akan membeli partai besar untuk memulai bisnis sepatu sandal ini.

Pilih supplier yang telah memiliki track record bagus. Bisa dari produk impor maupun produk lokal, asal kualitasnya terjamin maka pasti mudah dalam menjualnya. Yang pasti adalah jangan terburu-buru dalam mencari supplier. Karena itu nanti bisa mempengaruhi kualitas produk dan pelayanannya ketika Anda ingin menjadikannya sebagai partner usaha.

Menawarkan Produk secara Online

Langkah kedua setelah mendapatkan supplier adalah mulai menawarkan produk tersebut secara online. Pada tahap awal, Anda dapat menjalankan bisnis ini dimulai dengan bisa tanpa stok barang terlebih dahulu. Artinya Anda berperan sebagai reseller atau dropshiper ketika memulainya. Jadi cara ini bisa menghemat modal dari awal.

Gunakan platform kekinian untuk membuka peluang usaha sepatu sandal seperti e-commerce atau TikTok untuk mulai melakukan promosi. Paling mudah mendapatkan konsumen adalah dengan mengadakan live streaming, memberikan diskon produk, dan gratis ongkos pengiriman untuk memulainya.

Kegiatan live streaming ini efektif menarik perhatian para pelanggan. Karena mereka bisa melihat produk yang dijual tersebut secara live. Sehingga mereka lebih percaya dan yakin bila produk yang ditawarkan memang bagus, tidak hanya sekedar pajangan gambar produk saja di outlet marketplace.

Sementara untuk diskon produk ini juga diperlukan. Karena beberapa orang biasanya lebih suka berbelanja yang ada diskonnya. Meski hanya memiliki selisih Rp5 ribu atau bahkan Rp10 ribu saja, hal tersebut cukup mempengaruhi pikiran konsumen. Konsumen akan lebih memilih produk yang lebih murah dengan jenis sama meski selisihnya kecil.

Sedangkan untuk gratis ongkos pengiriman ini juga bisa membuka peluang usaha sepatu dan sandal lebih terbuka lebar. Karena dengan adanya gratis ongkir membuat semua pelanggan tidak perlu memikirkan tambahan biaya lagi saat ingin melakukan pembelanjaan produk dalam jumlah banyak atau bahkan hanya 1 produk saja.

Membuka Outlet Sederhana

Setelah toko online berjalan, segera buka outlet kecil-kecilan. Konsumen Anda pastinya akan semakin penasaran dan ingin melihat langsung koleksi produk. Ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan engagement dengan pelanggan.

Mulai dari outlet kecil, nantinya akan berkembang dan semakin dikenal oleh banyak orang bila sering dipasarkan secara online. Dalam hal ini Anda dan toko akan dikenal secara online juga offline. Semakin mudah membranding bisnis sehingga peluang usaha sepatu dan sandal bisa terus dimaksimalkan dengan baik.