Cara menjadi trader saham yang sukses

Cara Menjadi Trader Saham yang Sukses

iYeay.com – Bisa mengetahui soal cara menjadi trader saham sukses tentu jadi impian banyak orang. Mahir bermain trading akan memberikan Anda banyak keuntungan dalam segi finansial. Pada dasarnya ini merupakan tujuan utama orang membeli saham. Yaitu memperoleh keuntungan yang banyak berupa harta benda.

Kenyataannya tidak mudah untuk bisa langsung sukses. Anda perlu melakukan berbagai analisa dan merancang strategi dalam bertransaksi agar tetap untung. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diterapkan tentang cara menjadi trader sukses.

Pelajari Istilah Trader Saham

Sebelum mulai berkecimpung di dunia trading saham, Anda harus lebih dulu memahami istilah didalamnya. Sehingga tidak bingung apabila mendengar atau menemukannya dalam berbagai sumber informasi.

Berikut beberapa istilah penting yang sering digunakan di dalam dunia saham, antara lain:

Jenis Saham Berdasarkan Kapitalisasi

Blue Chip adalah istilah untuk saham terbaik atau lapis satu yang menjadi penggerak IHSG. Memiliki kapitalisasi di atas 10 triliun. Kemudian middle cap atau midcap merupakan saham lapis dua dengan kapitalisasi pasar antara 500 miliar – 10 triliun.

Lalu ada juga small cap disebut juga saham gorengan memiliki kapitalisasi pasar di bawah 500 miliar. Jenis ketiga ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena potensi lossnya tinggi. Untuk itu bagi Anda yang masih awam di dunia saham sebaiknya jangan pernah main coba-coba blue chip jika tidak ingin gagal total.

Emiten dan Efek

Emiten adalah perusahaan yang melakukan penawaran umum dan terdaftar di bursa efek. Sementara efek merupakan surat berharga seperti surat pengakuan utang, saham serta obligasi yang dapat diperjualbelikan. Jadi jika Anda melihat ada istilah tersebut, sebaiknya pahami bagaimana cara menyikapinya dengan baik.

Bullish dan Bearish

Bullish adalah kondisi terjadinya pergerakan harga naik di pasar. Sedangkan bearish sebaliknya yaitu dimana terjadi kecenderungan harga turun. Jadi bila ada istilah bearish muncul, itu artinya harga saham sedang turun.

Itu artinya hal seperti ini merupakan waktu terbaik untuk membeli harga saham sebanyak-banyaknya. Karena nantinya bisa Anda jual Ketika sedang bullish (pergerakan harga saham sedang naik di pasar modal). Dengan begitu keuntungannya bisa menjadi lebih banyak lagi.

Profit Taking, Stop Loss dan Cut Loss

Profit taking adalah aksi untuk mengambil keuntungan. Stop loss adalah pemasangan order secara otomatis untuk menjual atau membeli yang ditentukan oleh harga tertentu. Cut loss adalah upaya menjual efek untuk menghindari kerugian lebih besar.

Banyak investor kelas atas seringkali melakukan cut loss sebagai cara menjadi trader saham ketika melihat pergerakan harga saham yang tidak menguntungkan. Tujuannya adalah supaya mereka bisa menyelamatkan modal saham yang sudah dibelanjakan sebelumnya agar tidak semakin menurun nilainya.

IPO dan Buyback

IPO (Initial Public Offering) merupakan penawaran perdana oleh emiten kepada publik. Buyback adalah upaya pembelian kembali efek oleh perusahaan yang menerbitkannya. Biasanya penawaran perdana ini nilainya cukup tinggi sehingga sangat menguntungkan bila Anda melihat adanya penawaran perdana seperti ini Ketika masuk di dunia saham.

Pelajari Juga:
Dasar-Dasar Trading Saham

Cara Menjadi Trader Saham Sukses dengan Belajar Analisis

Setelah memahami istilah yang biasa digunakan dalam pasar modal, selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara menjadi trader saham sukses adalah belajar analisa. Kemampuan ini akan berkembang sejalan dengan pengalaman. Terdapat 2 analisis dalam pasar modal, yaitu sebagai berikut.

Analisa Fundamental

Analisa ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan dan internal perusahaan sebelum membeli saham yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan melakukan Analisa fundamental, maka seorang trader bisa melihat dari kaca analisanya tentang laba ruginya bila melakukan pembelian saham tertentu dalam jangka Panjang.

Analisa Teknikal

Analisa ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren dan pola-pola pada grafik pergerakan harga menggunakan bantuan indikator teknikal yang tersedia. Dengan melakukan Analisa secara teknikal ini bisa membuat Anda lebih waspada dan tidak tergesa-gesa dalam melepaskan modal awal saat berinvestasi. Jadi ini sangat meminimalisir terjadinya kerugian dalam jumlah besar.

Analisa yang dilakukan sebagai cara menjadi trader saham akan menjadi acuan atau petunjuk terhadap kondisi pasar modal dan efek tertentu. Sehingga tepat saat menentukan tindakan. Misalnya akan menjual aset atau justru menambah portofolio.

Selain dua cara di atas Anda juga perlu menentukan saham paling tepat saat akan membeli. Paling ideal adalah dari perusahaan yang sehat. Bisa juga menetapkan skala prioritas dengan membuat wishlist dalam menerapkan cara menjadi trader saham sukses.